Yang Masih Takut Donor Darah, Simak Deh Cerita Ini! Ada Penghargaan Khusus Bagi yang Dermawan Darah

Selama ini mungkin banyak diantara kalian yang masih suka takut-takut dan belum pernah donor darah. Banyak yang sebenarnya kepengin coba tapi karena satu dan lain hal, akhirnya belum pernah kesampaian. Nah mungkin cerita yang satu ini bakal buat kamu lebih berani dan bisa membulatkan tekad untuk paling tidak sekali mencoba mendonorkan darah. Selain aman karena diawasi petugas medis, ternyata justru banyak manfaat-manfaat kesehatan kalau suka donor darah secara rutin, seperti yang pernah Hipwee bahas di sini. Dan dalam prosesnya, tentu aja kita membantu sesama yang memang membutuhkan sumbangan darah.

Kabar baiknya, di samping semua keistimewaan di atas, negara kita ternyata sangat menghargai pendonor darah lho! Bahkan ada penghargaan khusus bagi mereka yang telah 100 kali mendonorkan darah. Nggak tanggung-tanggung, penghargaan itu diberikan oleh Presiden Joko Widodo langsung. Ya meskipun tidak seharusnya donor darah hanya karena semata ingin mendapat penghargaan, tapi nice to know-lah kalau Indonesia tuh menghargai jasa-jasa pendonor darah. Mau tahu ceritanya lengkapnya?! Yuk simak bareng Hipwee News & Feature!

Jokowi anugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada pendonor darah sukarela 100 kali. Kebaikan mereka emang patut jadi inspirasi!

Jokowi sematkan tanda kehormatan pada para pendonor via news.okezone.com

Segala kebaikan sudah seharusnya mendapat apresiasi. Hal itulah yang dilakukan Presiden Jokowi kepada para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya hingga 100 kali. Sperti dilansir Tempo, sebanyak 857 orang berkumpul di Istana Bogor untuk memenuhi undangan Jokowi dalam acara “Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada Pendonor Darah Sukarela 100 Kali oleh Presiden Republik Indonesia”. Acara itu digelar Minggu (17/12) kemarin.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para pendonor yang sudah rutin mendonorkan darahnya sedikitnya 30 liter dalam periode minimal 25 tahun dan menyelamatkan lebih dari 150 nyawa manusia. Kebaikan dan ketulusan hati itu membuat mereka layak diberi gelar pahlawan kemanusiaan.

Sebelum mencapai 100 kali, para pendonor juga sudah terima penghargaan saat donor ke-50 dan 75 lho

Acara juga dihadiri Irianan Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah via poskotanews.com

Selain diberi penghargaan Satya Lencana itu ternyata mereka juga mendapatkan cincin emas dari Presiden. Sebelumnya, saat masih donor ke-50, beberapa dari mereka juga mendapatkan penghargaan dari PMI. Saat donor ke-75, mereka mendapat lagi penghargaan serta cincin emas 10 gram dari Gubernur DKI, Soerjadi Soedirdja. Rata-rata pendonor yang hadir di Istana Bogor kemarin berusia 50 tahun lebih. Mereka pertama kali mendonorkan darah saat masih usia 20-an tahun.

Indonesia saat ini belum bisa mencapai angka keamanan darah nasional yang ditetapkan WHO, yaitu sebesar 2% dari total populasi lho

Indonesia masih belum mencapai target minimal stok darah via www.tribunnews.com

Jokowi berharap dengan pengabdian kemanusiaan yang telah dilakukan para penerima penghargaan itu bisa jadi sumber motivasi bagi orang lain khususnya anak muda untuk melakukan hal yang sama. Karena kalau dilihat dari angka keamanan darah nasional yang sudah ditetapkan World Health Organization (WHO), yaitu sebanyak 2% dari total populasi, Indonesia masih butuh seenggaknya 5 juta kantong darah lho.


Ini sudah jadi tugas generasi millennial untuk melakukan donor darah demi ribuan bahkan jutaan nyawa di luar sana

Donor darah seharusnya jadi rutinitas via palembang.tribunnews.com

Untuk itulah generasi millennial yang telah berusia di atas 17 tahun dan mencukupi syarat, diharapkan tak lagi pikir-pikir untuk jadi dermawan darah, demi kemanusiaan. Syaratnya sendiri sebenarnya nggak ribet kok. Selain ada batas minimal usia, calon pendonor juga harus punya berat badan minimal 45 kg, tensi darah normal, dan jumlah haemoglobin yang mencukupi yakni sekitar 12 gram untuk perempuan dan 12,5 gram untuk laki-laki.

Setiap kamu masih ragu untuk mendonor, bayangkan aja kalau suatu saat keluargamu yang membutuhkan darah demi bisa bertahan hidup, tentu kamu akan sangat mengharapkan bantuan dan kebaikan orang lain, ‘kan? Hal yang sama juga terjadi saat kamu mau mendonorkan darah. Ingatlah bahwa setetes darahmu akan sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkan. Nyawa mereka bukan nggak mungkin bisa terselamatkan karena kedermawanan hatimu. Yang belum pernah coba donor darah, yuk jangan ragu lagi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment