Unik! Inilah Cara Pembayaran Paling Tidak Biasa di Dunia

Kegiatan jual beli sudah ada sejak jaman nenek moyang dan masih ada sampai sekarang. Kegiatan jual beli juga tidak bisa dilepaskan dengan pembayaran. Dulu sebelum adanya uang, orang menggunakan barang untuk membayar. Kegiatan seperti ini dinamakan barter atau tukar menukar barang.

Seiring berjalannya waktu dan adanya uang, maka barter pun dianggap kuno dan menghilang dengan sendirinya. Kini, masyarakat lebih senang membayar apapun menggunakan uang tunai maupun non tunai.

Selain menggunakan uang tunai maupun non tunai, ternyata ada juga lho sistem pembayaran yang cukup unik. Berikut ini adalah beberapa cara pembayaran paling tidak biasa di dunia.

1. Membayar dengan senyuman

Ant Financial yang merupakan anak perusahaan Alibaba tengah mengembangkan sistem pembayaran yang dinamakan ‘Smile to Pay’ atau membayar dengan senyuman. Teknologi yang menggabungkan biometrik dengan kamera 3D ini bisa digunakan untuk pembayaran KFC di Hangzhou, China.

Pelanggan hanya perlu berdiri di depan mesin sembari tersenyum. Mesin akan memindai wajah pelanggan untuk melakukan pembayaran. Selain itu, pelanggan disuruh untuk memasukkan nomor telepon rumah untuk menghindari pemalsuan identitas.

2. Sidik jari

Provider pembayaran, Worldpay, mempunyai cara tersendiri untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran. Untuk membayar belanja online, konsumen hanya perlu menempelkan sidik jarinya ke layar ponsel. Sidik jari ini akan terhubung dengan rekening bank sehingga konsumen tidak perlu repot-repot mentransfer sejumlah uang.

Sistem pembayaran sidik jari ini tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu 3 detik saja untuk memindai sidik jari. Selain itu, sistem ini juga dapat mencegah pemalsuan dan pencurian data.

3. Menggunakan mata

Sebuah perusahaan smartphone asal Jepang, Fujitsu, mengeluarkan smartphone yang cukup menarik. Smartphone tersebut menggunakan tatapan mata untuk membuka kunci serta menggunakan beberapa fitur di dalamnya, termasuk pembayaran.

Smartphone dengan nama Fujitsu Arrows NX F-4G ini memindai mata penggunanya menggunakan retinal scanner dan menyimpannya di dalam telepon.

Apa Pendapatmu ?

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment