Temukan Muntahan Paus, Nelayan Bengkulu Ini Mendadak Kaya Raya! Ternyata Harganya Selangit

Laut memang menyimpan sejuta misteri. Baik buat mereka yang mengarungi samudra untuk sekedar berekreasi, maupun mereka yang memang menggantungkan hidup dan mencari penghasilan di laut. Tidak mengherankan jika banyak peristiwa-peristiwa tak terduga yang terjadi di laut. Lah 70% bumi kita sebenarnya lautan, sedangkan daratan yang selama ini kita tinggali hanya 30% saja.

Seperti yang baru-baru ini terjadi, seorang nelayan di Bengkulu tengah jadi sorotan media lantaran mengumpulkan muntahan paus yang ia temukan di tengah laut. Bahkan niatan awal sang nelayan pun bukannya memungut benda asing ini, melainkan hanya ingin membersihkan laut dari limbah yang berserakan. Ternyata yang ia temukan bukanlah hal biasa lho. Yuk makanya simak penjelasan dari Hipwee News and Feature berikut ini, nanti kamu akan tahu betapa beruntungnya nelayan ini!

Saat sedang melaut bersama rekan-rekannya, Sukadi menemukan benda asing berserakan di lautan. Awalnya berniat membersihkan karena dikira sampah

Paus ketika menyembur (ilustrasi) via www.firmm.org

Sukadi bersama keempat rekannya tengah melaut, tepatnya diantara Pulau Dua dan Pulau Enggano. Ia pun melihat benda asing yang berserakan di lautan. Benda tersebut mengapung dan berserakan di tengah lautan. Awalnya Sukadi ingin mengecek posisinya pada GPS dan kemudian membersihkan benda-benda yang dikiranya adalah limbah. Benda-benda tersebut pun ia kumpulkan sedikit demi sedikit dan diangkut dengan kapalnya untuk dibawa ke darat.

Belakangan, Sukadi baru tahu jika yang ia temukan adalah muntahan paus. Ia mengetahuinya melalui video Youtube

Paus saat memperlihatkan diri ke permukaan (ilustrasi) via asknature.org

Sukadi pun curiga ketika mengangkut benda tersebut, ia merasa bahwa yang ia bersihkan bukan limbah. Ia merasakan bahwa tekstur benda itu lembut, ringan, menyerupai lilin dan jika dipanaskan akan meleleh. Benda tersebut pun bisa digunakan untuk menghidupkan api. Dilansir melalui Tempo, karena penasaran Sukadi kemudian mencari tahu tentang benda itu di Youtube.

“Kemudian saya mencari tahu di YouTube, dari situ baru saya ketahui kalau ini adalah muntahan paus,”

Usut punya usut benda yang ia temukan adalah muntahan paus. Benda tersebut pun sering digunakan orang untuk bahan pembuat parfum.

Yang ditemukan Sukadi merupakan ambergris, zat yang ada di dalam perut paus dan sering jadi buruan pembuat parfum ternama

Ambergris setelah dibersihkan via kelleyswain.files.wordpress.com

Ambergris dikenal sebagai benda yang sangat berharaga namun langka yang sering diburu oleh pembuat parfum ternama. Benda ini merupakan zat yang mampu membuat wewangian parfum bertahan lebih lama. Kompas juga menyebutkan bahwa zat ini awalnya adalah zat yang menumpuk di usus paus dan memadat. Kebiasaan muntah pada paus sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi, hal tersebut seringnya dikarenakan paus memakan hal yang tidak semestinya seperti plastik, sehingga isi perut ia muntahkan kembali.

Yang jelas, ambergris memang zat berharga dan langka. Kalau kamu pernah menonton film Hollywood berjudul In the Heart of the Sea, kamu pasti paham banget betapa berharganya isi perut paus ini.

Seberapa berharga sih ambergris, kok si nelayan bisa dibilang kaya mendadak hanya dengan ini?

Tapi harus benar-benar bisa membedakan mana ambergris mana yang bukan via mnn.com

Abc News pernah menyebutkan bahwa benda ini bisa dijual $10.000 per pound. Secara kasar, ambergris bisa dijual Rp60-70 juta per kilogramnya. Wah gila mahal banget! Terlebih lagi Sukadi nggak hanya memiliki satu kilo dua kilo ambergris, melainkan ia mengangkut sekaligus 200 kilogram lho. Mengenai hal ini, ketika ditanyai Sukadi pun hendak menjualnya pada penawar yang pas.

“Rencananya dijual Rp22 juta tiap kilogram,” ujar Sukadi pada Tempo.

Bayangkan jika semua ambergris yang ia temukan terjual, maka setidaknya Sukadi bisa mengantongi Rp4,4 milyar lho. Wah niat awal yang baik dan berbuah keberuntungan luar biasa ya guys. Rasanya seperti tertimpa durian runtuh deh.

Nah sekarang kamu sudah sedikit banyak tahu soal ambergris dan berapa harga jualnya. Kapan-kapan jika kamu menemukan benda mencurigakan di lautan yang meski berbau busuk namun mirip lilin dan mudah terbakar, mungkin saja benda itu adalah ambergris yang bisa kamu jual. Wah kalau kamu dapet rejeki nomplok seperti sang nelayan Bengkulu itu, mau kamu gunakan buat apa uangnya? 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment