Tahu Gak Kamu Ternyata Ketupat Itu Ada Singkatannya Lho

Terselubungi.com – Ketupat merupakan salah satu makanan yang tak pernah tertinggal pada Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau hidangan bersantan lainnya. Namun tahukah kamu bahwa ketupat memiliki sejarah dan singkatan?

Sejarah Awal Mula Nama Ketupat

Ya, dihimpun dari pikiranrakyat.com, nama ketupat sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga membudayakan dua “Bakda”, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Ketupat. Bakda Ketupat dimulai seminggu sesudah Lebaran.


via: pikiranrakyat.com

Sementara nama Bakda Ketupat sendiri menggambarkan momen di tanah Jawa kala itu yang di mana hampir setiap rumah menganyam ketupat dari daun kepala muda.

Kemudian ketupat diisi dengan beras lalu dimasak. Setelah itu, masyarakat Jawa akan menghantarkannya kepada kerabat yang lebih tua sebagai lambang kebersamaan.

Singkatan dan Arti Kata Ketupat

Siapa menyangka jika hidangan khas di hari raya lebaran ini punya singkatan yang terdiri dari kata “Ngaku Lepat” dan “Laku Papat”.

Ngaku lepat memiliki arti mengakui kesalahan, seperti tradisi sungkeman. Yaitu bersimpuh di hadapan orang tua seraya memohon ampun.

Sungkeman mengajarkan pentingnya menghormati orang tua, bersikap rendah hati, memohon keikhlasan dan ampunan dari orang lain, khususnya orang tua.

Maka tidak heran jika setelah melaksanakan shalat Ied, pihak keluarga akan berkumpul dan melakukan sungkeman.

Yang menakjubkannya, tradisi sungkeman masih dibudayakan hingga sekarang.

Sementara laku papat, memiliki arti empat tindakan dalam perayaan Lebaran.

Bagaimana menurutmu?

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!


Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment