Suka Bingung Cara Bersihin Telinga?! Di Jepang, Ada Salon Khusus yang Tawarin Jasa Korek Kuping Lho

Kamu mungkin pernah membaca sebuah artikel atau tulisan yang mengatakan bahwa membersihkan telinga dengan korek kuping atau cotton buds sebenarnya tidak terlalu baik. Bahkan katanya, membersihkan dengan korek kuping justru akan membuat kotoran telinga atau serumen makin masuk ke dalam. Di antara kalian mungkin ada yang sependapat dengan hal ini lalu langsung beraloih ke metode membersihkan telingan dengan cara lain. Namun sebagian juga pasti setuju kan kalau sensasi geli-geli ketika membersihkan telinga itu emang nagih?

Ngomong-ngomong soal sensasi membersihkan telinga, ternyata Jepang sudah lebih dulu ramai salon yang menyediakan layanan membersihkan telinga. Bahkan dilansir melalui Japan Times, ada yang sudah canggih dan dilengkapi kamera buat melihat langsung apakah telinga kita sudah bersih atau belum. Penasaran? Mending langsung simak uraian Hipwee News & Feature berikut ini deh!

Nggak hanya menicure pedicure, sekarang ada salon yang melayani perawatan telinga. Termasuk membersihkan dan mencukur bulu-bulunya

Saatnya me-time sama telinga nih via YouTube.com

Beberapa tahun belakangan di Tokyo sedang ramai-ramainya salon yang menawarkan jasa membersihkan telinga. Layanan ini terinspirasi dari kerinduan orang-orang Jepang yang ketika masa kecil seringkali duduk di pangkuan ibu sambil dibersihkan telinganya, lalu mereka pun akan tertidur karena merasa nyaman. Sekarang, meskipun sudah dewasa, orang-orang Jepang masih bisa menikmati sensasi nyaman saat dibersihkan telinganya di salon-salon khusus membersihkan telinga. Selain dibersihkan, pelanggan juga akan dipijat dan dibersihkan bulu-bulu telinganya sampai kinclong. Hmmm… gimana nggak ketiduran kalau begini?!

Bukan Jepang namanya kalau nggak ada sentuhan teknologinya. Sekalian membersihkan telinga, kamu juga bisa lihat seperti apa telingamu dari dalam

Monitor di salon memperlihatkan kondisi dalam telingamu via www.youtube.com

Alat pembersih telinga di salon-salon ini umumnya dilengkapi dengan kamera super mini yang bisa memperlihatkan seperti apa keadaan di dalam telingamu. Apakah sudah bersih, ataukah masih banyak serumennya. Kamu juga bisa cek apakah telinga bagian dalammu sehat atau tidak. Sambil dibersihkan oleh pegawai salon, kamu juga bisa melihat apakah kotoran yang terlihat di monitor terangkat atau tidak. Bagi kamu yang merasa nggak jijik melihat keadaan di dalam telingamu, pasti nggak masalah dong.

Ternyata harga pelayanan ini di salon cukup mahal juga lho. Mungkin karena butuh ketelatenan dan ketelitian ya

Orang Jepang memang sudah terbiasa dibersihkan kupingnya sama orang lain Jadi nggak geli kali ya via jpninfo.com

Untuk membersihkan telinga selama 10 menit saja kamu akan dikenai biaya sebesar Rp120 ribu. Sedangkan kalau 200 menit, harganya juga naik dua kali lipat menjadi Rp240 ribu. Banyak diantara pelanggan salon khusus telinga ini adalah cowok-cowok. Bahkan nggak jarang yang meminta sesi perawatan langsung selama 70 menit lho. Biayanya bisa lebih dari satu juta Rupiah. Wah, demi telinga dan sensasi menggelitik ternyata banyak yang rela menghabisnkan uangnya ya.

Meski kamu merasa membersihkan telinga dengan cotton buds itu semestinya dilakukan, kamu harus tahu lho kapan saat telingamu sehat dan tidak

Kamu harus tahu ciri-ciri kotoran di telingamu via brightside.me

Memang sih membersihkan telinga dengan cotton buds itu punya sensasi tersendiri dan rasa geli yang nggak bisa digambarkan. Tapi kamu harus tahu kapan kotoran telingamu dianggap wajar dan kapan saatnya kamu harus periksa ke dokter THT. Ada beberapa warna berbeda dari serumen atau kotoran teling yang bisa kamu lihat di cotton budsmu seusai mengorek telinga, hal tersebut masing-masing menunjukkan kondisi yang berbeda loh. Normalnya kotoran di telinga berwarna kuning dan tidak cair. Ini nih uraiannya seperti yang dilansir langsung dari Brightside:

  • Kotoran berwarna abu-abu tanpa gejala lain artinya telingamu penuh debu. Nggak ada yang perlu kamu khawatirkan kok, hanya saja bersihkan telingamu dengan hati-hati ya!
  • Kotoran bercampur dengan darah menandakan ada infeksi yang terjadi di telingamu. Ini saatnya kamu harus mengunjungi dokter.
  • Kotoran berwarna cokelat menandakan bahwa tubuhmu sedang mengalami stres dan lelah berkepanjangan. Lebih baik istirahat dan coba tenangkan diri.
  • Kotoran berwarna hitam, jika terjadi sekali maka kamu nggak perlu khawatir. Jika terjadi berulang kali dan gatal segera kunjungi dokter ya, kemungkinan bisa infeksi guys.
  • Kotoran berwarna putih bukan berarti sehat dan bersih. Justru ini menandakan tubuhmu sedang kekurangan vitamin dan zat besi.
  • Jika kotoran telingamu cair dan terjadi selama beberapa waktu, segera kunjungi dokter juga ya. Bisa terjadi inflamasi lho!
  • Kotoran telingamu kering artinya kamu kekurangan asupan zat lemak di dalam tubuh.

Yakin deh, setelah baca artikel ini sebagian besar pasti sudah ada niatan buat cari cotton buds dan mengecek langsung seperti apa kotoran di telingamu. Atau, justru ada yang sudah punya inisiatif untuk buka salon khusus bersihkan telinga seperti di Jepang? 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment