Seperti Inilah Tampilan Sepeda Motor Pertama di Jawa

Penjajahan yang dilakukan bangsa Eropa ke Indonesia sebenarnya tidak hanya berdampak negatif. Tanpa disadari ada dampak positif atas keberadaan bangsa Eropa, seperti Inggris dan Belanda saat menjajah nusantara. Salah satu dampak positifnya adalah keberadaan sepeda motor.

Dulu orang Indonesia tidak ada yang memiliki kendaraan bermesin. Jangankan sepeda motor, sepeda biasa saja hanya kalangan tertentu yang bisa memilikinya. Biasanya masyarakat menggunakan hewan untuk kendaraan atau jalan kaki.

Namun pada tahun 1893, akhirnya sepeda motor pertama datang ke Pulau Jawa. Bukan orang Belanda yang membawanya, melainkan orang Inggris. Adalah C. Potter yang memesan kendaraan roda dua itu dari Jerman. Potter sendiri merupakan warga Inggris yang bekerja sebagai masinis kelas ! di pabrik gula Umbul di Probolinggo, Jawa Timur.

Sepeda motor yang dipesan C. Potter di produksi di kota Munchen dengan merk Hildebrand und Wolfmuller. Sayangnya tidak diketahui berapa uang yang dikeluarkan Potter untuk membeli sepeda motor tersebut.

Kemungkinan harga sepeda motor yang dipesan C. Potter ini sangat mahal dan tidak mungkin dapat dijangkau oleh masyarakat pribumi. Selain itu, ongkos kirim juga mempengaruhi harga sepeda motor dimana pada saat itu, sepeda motor milik C. Potter ini dikirim langsung dari Munchen dan baru tiba berbulan-bulan kemudian.

Sementara itu, dilihat dari tampilannya sepeda motor ini hampir mirip seperti sepeda biasa. Namun bedanya telah dilengkapi mesin untuk menjalankannya. Sedangkan bahan bakarnya sudah banyak di jual di kota-kota besar, seperti Madiun, Semarang, dan Surabaya.

Apa Pendapatmu ?

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment