Rafflesia Arnoldii, Bunga Nasional yang Menjadi Sorotan Dunia

Membicarakan Indonesia tak melulu tentang keindahan pantai atau gunung yang menjulang. Namun Flora dan Fauna yang ada di negara kita pun tak jarang menjadi sorotan dunia. Pada Selasa (9/1/2018), google doodle menampilkan Rafflesia Arnoldii di atas kolom pencarian dalam rangka ulang tahun bunga tersebut yang ke-25.

Rafflesia Arnoldii, Bunga Nasional yang Menjadi Sorotan Dunia
Warna merah menyala saat merekah [image source]

Bunga ini cukup beragama. Terdapat 20 jenis spesies Rafflesia Arnoldii yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia dan Malaysia masing-masing memiliki delapan spesies, sedangkan sisanya berada di Thailand dan Filipina. Bertepatan hari spesial ini, tanaman yang ditetapkan sebagai bunga nasional pada Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tersebut mekar di Bengkulu.

Rafflesia Arnoldii, Bunga Nasional yang Menjadi Sorotan Dunia
Menjadi daya tarik bagi warga lokal dan periset [image source]

Tidak ada yang dapat menebak kapan masa mekar tanaman ini, rata-rata memerlukan waktu sekitar sembilan bulan dan keindahannya dapat dinikmati selama tak lebih dari tujuh hari. Setelah itu bunga yang dapat mencapai diameter hingga satu meter tersebut akan layu dan kembali memulai proses reproduksinya dari awal.

Rafflesia Arnoldii, Bunga Nasional yang Menjadi Sorotan Dunia
Bagian mahkota yang berbentuk seperti gentong [image source]

Selama tujuh hari merekah, aroma tidak sedap akan keluar dari mahkota tanaman ini. Meskipun begitu banyak peneliti tanaman yang datang untuk melakukan riset terhadap bunga Rafflesia Arnoldii. Keindahan tanaman raksasa ini memang memikat dengan warna merah dan pola unik di daunnya, serta bagian dalam mahkota yang runcing.

Masa mekar yang tidak menentu [image source]
Masa mekar yang tidak menentu [image source]

Namun tak jarang persepsi salah hadir di masyarakat, di mana mereka menyamakan Bunga Bangkai dengan Rafflesia Arnoldii. Meskipun sama-sama memproduksi aroma yang kurang sedap, dua flora tersebut sangat berbeda. Bunga Bangkai memiliki nama ilmiah Amorphophallus Titanium dan tumbuh meninggi mencapai kurang lebih 4 meter berbentuk seperti terompet. Sedangkan Rafflesia Arnoldii  tumbuh melebar dan memiliki bentuk di tengah yang menyerupai gentong.

  Prev




Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment