Pertolongan Pertama Bagi Penderita Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Bagi Penderita Serangan Jantung – Jantung adalah kondisi yang membutuhkan pelayang ekstra cepat. Semakin cepat penanganan atau tindakan, maka akan semakin besar pula kemungkina penderita bisa diselamatkan. Seseorang mungkin tidak pernah merasakan gejalan khusus serangan jantung, karena kondisi ini biasanya erat hubungannya dengan tekanan mental, gaya hidup, atau penyakit bawaan.

Serangan jantung secara mendadak bisa saja terjadi ketika ada aliran darah menuju ke jantung secara langsung terhenti. Hal ini bisa menyebabkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup , sehingga bisa menyebabkan jantung gagal berfungsi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa cara pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung. Agar pembahasannya tidak terlalu panjang lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan singkat dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut Pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung.

Pertolongan Pertama Bagi Penderita Serangan Jantung
Pertolongan Pertama Bagi Penderita Serangan Jantung

1. Jangan baringkan penderita

Hal pertama yang harus dilakukan jika saudara atau teman kita terkena serangan jantung adalah sebisa mungkin membuat mereka duduk dengan posisi nyaman dan carikan sandarannya. Sebab jika penderita jantung mengalami hilang kesadaran, jalur pernapasan bisa terganggu akhirnya bisa terjadi hal yang fatal.

2. Buat penderita lebih rileks

Anda harus bisa membuat penderita serangan jantung lebih rileks atau tenang. Diantara hal yang bisa dilakukannya yaitu dengan melonggarkan pakaiannya. Jika ternyata sedang dalam kerumuan cobalah untuk meminta orang-orang untuk memberi jarak yang cukup. Hal tersebut bisa membantu agar anda bisa mendapatkan udara yang segar.

3. Tanyakan dan periksa apa ada obat yang dibawa

Jika penderita sudah rileks dan bisa berkomunikasi lebih lancar, coba tanyakan padanya apa dia membawa obat sakit jantung. Biasanya penderita menerima obat atau resep dari dokter yang bisa meredakan sakitnya.

4. Panggil ambulans

Di tengah keadaan darurat yag bingung tersebut kami butuh dari bantuan ahli medis, agar bisa berjalan dengan baik ands harus tenang. Berikan keterangan pada petugas secara jelas. Jangan mudah panik serta terbawa suasana.

5. Periksa terus kesadaran penderita

Sambil menunggu datangnya ambulan, tugas selanjutnya adalah memeriksa kesadarannya dengan cara mencoba mengajak berbicara. Jika tiba-tiba penderita hilang kesadaran sebaiknya anda telefon lagi nomer 118 atau 119.

Demikianlah informasi tentang Pertolongan Pertama Bagi Penderita Serangan Jantung. Semoga informasi diaats bermanfaat. Terimakasih.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment