NEWS UPDATE | “King of Cling” Azzedine Alaia Tutup Usia

kecirit.com | PARIS – Perancang busana Azzedine Alaia yg dikenal sebagai King of Cling telah meninggal pada usia 77 tahun di Paris. Lahir di Tunisia, Alaia menjadi salah satu tokoh hebat mode Paris dengan estetika goresan glamor yg mengedepankan kesempurnaan wanita. Meskipun tidak pernah mendapatkan ketenaran seperti selebritas, Azzedine sadar desain yg dirancangnya dengan indah telah dipakai beberapa wanita atau tokoh paling terkenal di dunia.

Sebut saja, Michelle Obama yg membuat sebuah konsesi langka utk mengenakan perancang non-Amerika dengan memilih gaun rajutan Azzedine berwarna putih yg rapi saat dia menjadi ibu negara. Gwyneth Paltrow, Rihanna, Madonna, Tina Turner, & Victoria Beckham juga telah mengenakan desainnya.

Bahkan, Naomi Campbell menganggap Azzedine sebagai ‘papa’ setelah dia memeluk Naomi saat pertama kali menjadi model pada usia 16 tahun.

Naomi tinggal bersama Azzedine setiap kali bekerja di Paris & menjemputnya jika Naomi menyelinap ke klub malam.

“Dia benar-benar mengajari saya segala hal tentang bisnis ini,” ungkap Naomi, dilansir Telegraph .

Ketika karya Azzedine dilecehkan Metropolitan Museum pada 2009, Naomi menolak menghadiri Met Gala sebagai solidaritas.

Pertunjukan terakhirnya diadakan pada Juli tahun ini, meski tidak ada pertanda kalau koleksinya akan menjadi yg terakhir di dunia mode. Dia berpose riang bersama Karlie Kloss & Naomi Campbell.

Perancang yg memiliki tubuh mungil ini tetap terlihat menjulang tinggi di antara para supermodel karena karyanya. Tentu saja Naomi memimpin pertunjukan terakhir Azzedine tersebut.

Terlihat lekuk halus dari peplum wol atau rok tembus cahaya, hem yg terbungkus dengan lapisan layar mashrabiya. Desain yg indah, tetapi tidak vulgar.

Busana yg tetap menyanjung para wanita. Dia pindah ke Paris pada 1957, yaitu tempat dia bekerja utk Christian Dior, Guy Laroche, & Thierry Mugler. Pada 1980, dia mempresentasikan koleksi siap pakai pertamanya.

Pada 2015, Azzedine menjadi subjek retrospektif besar yg terkenal di Roma, Villa Borghese, yg disebut Couture/Sculpture. Tiga dekade gaunnya disandingkan dengan mahakarya seniman yg paling dihormati di dunia, seperti Raphael, Caravaggio, & Titian.

Karyanya yg menyanjung para wanita dalam berbusana sudah jelas membuat para tokoh dunia & selebritas mengantre utk menggunakan karyanya. Ikatan yg dibuat pun terasa melekat.

Sejumlah model & selebritas pun merasa kehilangan dengan kepergian Azzedine. Misalnya, Adwoa Aboah yg mem-posting foto ulang tahunnya yg ke-21 dengan mengenakan gaun Azzedine pertamanya.

Menurut model itu, dia harus bepergian dengan ibunya ke Paris utk membeli gaun itu, satu-satunya gaun yg diinginkannya utk acara spesial tersebut.

“Dengan semua uang yg saya dapatkan, saya membeli satusatunya gaun Alaia saya yg pertama & satu-satunya & sepasang stiletto hijau yg serasi. Terima kasih telah membuat pakaian cantik seperti itu, di mana pun kamu akan selalu menjadi master,” tulis Aboah di akun Instagram pribadinya.

Marc Jacobs pun mengungkapkan bahwa bakat yg dimiliki Azzedine tidak ada bandingannya dengan karakternya yg lucu, nakal, & unik.

“Keindahan luar biasa yg diciptakannya abadi & tanpa pertanyaan, bertahan selamanya,” ucap Marc.

kecirit.com Berjangka
PT kecirit.com Berjangka

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment