Kue Lumpur Rasa Kelapa Muda, Oleh-Oleh Lezat Khas Sidoarjo

Sidoarjo tak hanya terkenal akan lumpur lapindonya. Kota yang berbatasan dengan Surabaya ini juga populer dengan kuliner khasnya kue lumpur. Soal rasa, tentu saja berbeda dengan yang lain. Penasaran apa keunikan dari jajanan enak di Sidoarjo ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga : Kuliner Malam Paling Wajib Dicoba Saat Liburan ke Jember

Varian Unik dari Kismis Hingga Kelapa Muda

Kue Lumpur Cabang Malang
Kue Lumpur Cabang Malang [image source]

Sudah biasa dengan lumpur rasa original? Kamu bisa mencoba jajanan lumpur ala Sidoarjo yang kini makin banyak variannya. Salah satu yang banyak diburu adalah rasa kelapa muda (degan). Bukan dicampur dengan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula dan telur, degan dimasukkan terlebih dahulu ke tungku. Soal rasa, kue ini tak hanya manis tapi juga gurih karena tambahan kelapa.

Lumpur Rasa Kelapa Muda
Lumpur Rasa Kelapa Muda [image source]

Dimasak Sederhana dengan Arang

Alat memasak kue lumpur
Alat memasak kue lumpur [image source]

Meski sudah familiar hingga kota-kota di Jawa Timur, kue lumpur Sidoarjo masih menggunakan peralatan sederhana untuk memasak. Awalnya, cetakan dipanaskan terlebih dahulu di atas kompor gas. Kemudian diberi margarin sebelum dituang adonanan. Menariknya, ada tungku besi berisi arang yang nantinya diletakkan di atas adonan. Cara inilah yang membuat bagian luar lumpur matang merata.

Alat untuk memasak kue lumpur
Alat untuk memasak kue lumpur [image source]

Tektur yang Lumer di Lidah

Kue Lumpur yang lumer
Kue Lumpur yang lumer [image source]

Kue lumpur identik dengan tekturnya yang padat. Namun, sedikit berbeda dengan jajanan yang ada di Sidoarjo. Dibagian luarnya memang padat, sedangkan dalamnya lumer dan sangat lembut di lidah. Keunikan lumpur ini tidak lain dari campuran telur yang lebih banyak. Hanya makan satu, kamu bakalan kurang.

Kue lumpur yang menggiurkan
Kue lumpur yang menggiurkan [image source]

Buah Tangan Sempurna untuk Orang di Rumah

Kue lumpur di Sidoarjo
Kue lumpur di Sidoarjo [image source]

Untuk mencari lumpur Sidoarjo sangatlah mudah. Ada beberapa toko yang menawarkan kue dengan rasa legit tersebut. Seperti Warung Bu Lilik (Kue Lumpur Muda Mudi) yang terletak di Jl. Hang Tuah (depan Klenteng Sidoarjo). Tak hanya di Sidoarjo, beberapa toko juga membuka cabang di kota lain.

Kue lumpur super lezat
Kue lumpur super lezat [image source]

Sebelum membeli kue lumpur, jangan lupa pula untuk mencoba kuliner enak lain di Sidoarjo. Ada Rujak Cingur Tanggulangin yang terkenal legedaris. Jangan kaget, kamu bakalan antre berjam-jam untuk mendapatkannya. Selamat mencoba. Prev

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment