Kastil ‘Jomblo’ di Mada’in Saleh


Mada’in Saleh adalah sebuah kota kuno dari masa pra-Islam yang terletak di bagian utara Arab Saudi, sekitar 1.400 km di utara ibukota Riyadh. Kota ini terletak di posisi strategis di salah satu rute perdagangan kuno yang paling penting, yang menghubungkan bagian selatan semenanjung Arab ke utara, ke pusat-pusat ekonomi dan budaya besar seperti Mesopotamia, Suriah dan Mesir. Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Kota ini dianggap sebagai salah satu kota kuno yang paling penting dan tertua serta kota terbesar kedua dari bangsa Nabatean yang berkuasa pada abad pertama Masehi.

Hari ini, Mada’in Saleh adalah situs penting arkeologi dengan reruntuhan megah yang sering dibandingkan dengan yang ditemukan di Petra. Yang paling menakjubkan dan simbol yang paling ikonik dari di antara reruntuhan Mada’in Saleh adalah Qasr al-Farid, menjulang setinggi 4 lantai dan berada tidak jauh dari pusat kota Nabataean kuno Hegra atau yang disebut Al Hijr dalam Quran. Selengkapnya tentang Al Hijr dapat dibaca disini

 

“Qasr al-Farid” berarti Lonely Castle, disebut demikian karena ia berdiri benar-benar terisolasi dari yang lain. Tapi meskipun namanya aneh, Qasr al-Farid hanyalah makam. Diukir pada batu tunggal sekitar abad pertama Masehi, namun fasad tidak pernah selesai yang membuat makam menjadi studi yang menarik. Bagian bawah sisi yang dipahat memperlihatkan bagaimana makam tersebut dibuat dari atas ke bawah. Qasr al-Farid adalah salah satu dari sembilan puluh makam monumental yang diukir di sini selama masa kejayaan bangsa Nabataean.

 

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment