Inilah 10 Badan Intelijen Paling Disegani di Dunia

Keberadaan mata-mata atau agen intelijen memang sangat penting bagi setiap negara, demi menjaga ketahanan negara secara rahasia. Oleh karena itu, makanya setiap negara yang ada di seluruh dunia pasti memiliki badan intelijen yang menjalankan pekerjaan rahasia tersebut. Nah, berikut ini adalah 10 badan intelijen terbaik dan terbesar yang paling disegani di dunia.


10CSIS (Kanada)

Bernama lengkap Canadian Security Intelligent Service (CSIS), badan intelijen dari Kanada ini berdiri pada 1984. Sebelumnya, urusan intelijen di negara ini ditangani oleh RCMP (Royal Canadian Mounted Police). CSIS merupakan lembaga sipil yang tidak terkait dengan militer ataupun kepolisian di negaranya, dengan lingkup pekerjaan domestik dan internasional.


9ASIS (Australia)

Australian Secret Intelligent Service (ASIS) menjadi badan intelijen Australia yang diberikan tanggung jawab untuk mengumpulkan data-data intelijen, hingga melakukan kegiatan kontra intelijen, dan terutama, koordinasi dengan badan intelijen lain di luar negeri. Badan intelijen yang didirikan pada 1952 ini pun disebut memegang ribuan file rahasia warga di Australia.


8R & AW (India)

Badan intelijen India, Research and Analysis Wing (R & AW) yang berdiri pada 1968 ternyata cukup disegani di dunia. Sebagai badan intelijen eksternal, mereka dipasang sebagai sayap kabinet federal dan tidak bertanggung jawab pada Parlemen India; tidak seperti kebanyakan badan intelijen barat. Mereka berperan besar selama Perang Kargil di Kashmir pada 1999.


7Mossad (Israel)

Sebagai lembaga sipil, badan intelijen Israel, Mossad ini sama sekali tidak menggunakan militer, meskipun sebagian besar agennya pernah bertugas dalam pasukan wajib militer. Salah satu sayap Mossad yang paling terkenal adalah Divisi Operasi Khusus, dengan nama ‘Metsada’ yang pernah terlibat dalam sejumlah operasi paramiliter hingga perang psikologis.


6BND (Jerman)

The Bundesnachrichtendienst’s (BND) sudah ada sebagai badan intelijen Jerman sebelum Perang Dunia II, dengan tugas utama memata-matai Uni Soviet. Sekarang mereka sebagai sistem peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah terhadap ancaman luar negeri, dengan tanggung jawab pengawasan, penyadapan, dan komunikasi elektronik internasional.


5ISI (Pakistan)

Selain India, Pakistan juga merupakan negara di benua Asia yang memiliki badan intelijen salah satu terbaik di dunia. Setelah Perang India-Pakistan sejak 1947, Pakistan mendirikan Inter-Services Intelligence (ISI) pada 1948 silam. Pada 1980, mereka pernah menggagalkan rencana kudeta berdarah yang digerakkan oleh sejumlah pejabat militer tinggi di negaranya.


4DGSE (Prancis)

The Direction Générale de la Sécurité Extérieure (DGSE) dibentuk pada 1982 dengan tujuan menggantikan badan intelijen sebelumnya, Service de Documentation Extérieure et de Contre-Espionnage (SDECE). Lembaga ini kemudian bertanggung jawab mengumpulkan data intelijen, pencegahan deteksi, dan menemukan kegiatan spionase eksternal dari luar negeri.


3GRU (Rusia)

Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) memang pernah sangat dikenal sebagai badan intelijen utama di Uni Soviet pada era 1954-1991. Namun, setelah negara itu runtuh, KGB pun dibubarkan. Sebenarnya, sejak 1918 sudah ada Glavnoye Razvedyvatel’noye Upravleniye (GRU) yang diberi tugas menangani semua tugas intelijen militer sebagai lembaga utama.


2MI6 (Inggris)

The Secret Intelligence Service (SIS), atau biasa lebih dikenal sebagai MI6 sudah hadir sejak sebelum Perang Dunia I, yang bertugas sebagai badan intelijen Inggris untuk memata-matai kegiatan pemerintah Kekaisaran Jerman. Hingga abad ke-20 dan 21, lembaga ini pun telah banyak terlibat dalam berbagai konflik besar dunia dan melakukan sejumlah operasi rahasia.


1CIA (Amerika Serikat)

Siapa yang tak kenal dengan badan intelijen milik Amerika Serikat ini? Meski baru didirikan pada 1947, namun keberadaan Central Intelligence Agency (CIA) begitu fenomenal hingga saat ini. Para agennya pun memiliki berbagai keterampilan khusus yang didukung dengan beragam teknologi canggih, dan tersebar sebagai mata-mata di banyak negara di dunia.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment