Ini Jembatan Gantung Berlantai Kaca Terpanjang di Dunia


Para pekerja konstruksi Cina yang bekerja di ketinggian 180 meter di atas jurang curam, telah selesai mengubah jembatan gantung kayu di Hunan, China tengah, menjadi jembatan dengan lantai kaca yang transparan, sehingga seluruh dasar ngarai terlihat jelas.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Jembatan gantung itu menghubungkan dua puncak dari Pegunungan Buddha Batu di Shiniuzhai Geopark. Jembatan gantung sepanjang 300 meter ini kini menjadi jembatan gantung pertama di dunia yang seluruhnya lantainya terbuat dari kaca.

Jembatan ini akan diresmikan pada 1 Oktober ketika Cina merayakan Hari Nasional dengan hari libur umum selama seminggu

Sebagian dari lantai jembatan sudah diganti dengan lantai kaca pada tahun 2014, dan telah menarik para wisatawan tak kenal takut. Namun, seluruh jembatan sekarang telah diubah menjadi jembatan yang transparan.

Untuk membuat transformasi, para insinyur harus memperkuat struktur jembatan dengan kabel baja tambahan, menghapus papan kayu yang ada dan mengamankan panel kaca yang tebal ke tempatnya.

Kadang, satu-satunya hal yang memisahkan mereka dari risiko terjatuh kei bawah hanyalah kabel suspensi di bawah kaki mereka.

Proyek ini menjadi sangat sulit bukan hanya karena berada di ketinggian, tetapi juga karena struktur didasarkan pada jembatan gantung. Ini berarti bahwa setiap kali seseorang berjalan di sepanjang jembatan, jembatan akan bergetar sedikit, berpotensi menyebabkan perbedaan dalam pengukuran.

Menurut insinyur, tim bekerja dari pukul 07:00 pagi hingga 07:00 sore waktu setempat setiap hari untuk menyelesaikan proyek tepat waktu dan dengan standar keselamatan yang tinggi.

Salah seorang insinyur, Yang Guohong mengatakan: “Tidak peduli bagaimana turis akan bergerak atau melompat di jembatan yang kami bangun ini, maka ia akan baik-baik saja.Struktur baja di bawah jembatan ini sangat padat sehingga bahkan jika kaca patah, pengunjung tidak akan jatuh.”

Untuk menunjukkan hal ini, para insinyur bahkan senang foto mereka diambil saat berbaring di jembatan untuk beristirahat.

Kaca adalah kaca khusus yang 25 kali lebih kuat dari kaca jendela biasa dan beratnya sekitar 140 kilogram. Empat orang diperlukan untuk mengangkat masing-masing panel kaca tersebut.

Konstruksi menakjubkan ini telah dijuluki sebagai ‘jembatan pahlawan’ karena diperlukan keberanian yang besar untuk menyeberanginya.

Setelah Proyek Selesai dan Dibuka untuk Umum

Dalam beberapa tahun terakhir, trotoar kaca dipercaya telah menjadi sangat populer dikalangan wisatawan Cina pencari sensasi.

Situs pariwisata semakin banyak membangun platform kaca diatas tebing-tebing vertikal untuk menarik pengunjung.

Awal tahun ini, sebuah viewing platform di Chongqing, selatan-barat Cina, menjadi jalan kantilever terpanjang di dunia dengan bagian bawah adalah kaca.

Jembatan lain yang saat ini sedang dibangun ada di Zhangjiajie, Hunan. yang akan menjadi luar biasa karena tingginya 300 meter di atas ngarai. Jembatan sepanjang 380 meter tersebut akan mampu menampung 800 orang pada satu waktu ketika selesai.

Baca juga mengenai jalan-jalan setapak nan mengerikan dari seluruh dunia disini

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment