Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Terlepas dari apa yang terjadi di dalamnya, Indonesia di mata dunia adalah negara yang luar biasa. Bukan cuma karena kekayaan alamnya, tapi juga karakter orang-orangnya. Sehingga tak heran jika negara kita ini jadi sahabat banyak bangsa di dunia. Salah satunya adalah Korea Selatan yang kemesraannya dengan Indonesia belakangan jadi sorotan. TIPS KESEHARIAN

Ya, kedatangan Presiden Korsel Moon Jae In ke Nusantara beberapa waktu lalu jadi bukti potret betapa baiknya hubungan kita dengan mereka. Bahkan Jokowi ketika itu menawarkan minuman teh seharga lima ribuan dan sang presiden negeri ginseng pun tak segan meminumnya. Jika bukan sahabat, mana mungkin sih bakal begini? Tak hanya itu, masih banyak potret kemesraan Korsel dan Indonesia seperti yang akan kami suguhkan lewat ulasan menariknya berikut. BERITA UNIK

Indonesia Raya berkumandang di Negeri Ginseng

Pada tahun 2016 lalu presiden Jokowi pernah melakukan lawatan ke Korsel. Uniknya, saat itu beliau disambut dengan sesuatu yang tak biasa yakni diputarnya lagu Indonesia Raya. Tembang kebangsaan ini pun menggema di sana. Tak hanya Indonesia Raya, tetapi lagu-lagu wajib nasional lainnya juga dinyanyikan, seperti yang ada di video berikut. INFO MENARIK



Tak hanya lewat lawatan presiden, lagu-lagu nasional kita terutama Indonesia Raya juga sering dinyanyikan oleh orang sana, terutama dalam acara-acara besar. Ini jadi bukti jika Korea Selatan sangat mengapresiasi Indonesia. Sehingga nggak heran kita pun juga tak segan untuk menerima segala hal dari negara tetangga Korut ini. Misalnya oppa-oppa ganteng dan dramanya yang jadi konsumsi favorit masyarakat Indonesia.

Potret mesra Moon Jae In dengan Jokowi

Kunjungan presiden Moon Jae In ke Indonesia beberapa waktu lalu juga jadi bukti valid mesranya kita dan Korsel. Mungkin secara umum tak ada bedanya jika dibanding lawatan kenegaraan lain, tapi dalam kunjungan ini keintiman kedua presiden sangat berbeda. Seperti bukan kunjungan kepresidenan melainkan dua sahabat. Salah satu buktinya sudah disinggung di bagian awal tadi ketika pak Jokowi menawarkan Moon Jae In teh seharga lima ribuan. Kalau raja Salman yang diperlakukan seperti ini mungkin kita bisa putus seketika itu dengan Saudi. Tapi, ini jadi bukti kemesraan Indonesia dengan Korsel itu jauh berbeda.



Tak sampai situ, seperti yang mungkin sudah diketahui, kemesraan Pak Jokowi dan sahabatnya ini juga terlihat ketika bapak mas Kaesang ini memayungi Mon Jae In. Padahal dirinya sendiri sudah kena hujan. Dengan senyum humble presiden negeri K-Pop ini pun menerima perlakuan manis tersebut. Melihat ini netizen pun juga memberikan komentar positif. Luar biasa dah!

Festival Korea Selatan, bukti cinta Indonesia terhadap Korsel

Keharmonisan hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan ternyata tak hanya sebatas diplomatik saja, tapi juga hal-hal yang berbau event atau acara. Salah satunya adalah digulirkannya festival Korea yang dilakukan pada musim semi tahun lalu, tepatnya tanggal 8 sampai 10 April 2016. Acara ini sendiri diadakan oleh Korean Tourism Organization di Jakarta.



Acara ini mengusung segala hal tentang keunikan Korsel dengan tujuan memperkenalkan budaya serta jadi wadah untuk orang Indonesia mengenal lebih jauh si negeri ginseng. Di acara tahun lalu ini hadir juga Dubes Korsel yang dalam pidatonya sangat menggebu-gebu menyatakan kecintaannya terhadap Indonesia. Acara ini berlangsung meriah dan secara nggak langsung jadi bukti kalau hubungan Indonesia dan Korsel sangat baik, terutama dilihat dari antusiasme pengunjung.

Indonesia jadi penengah perseteruan Korsel dan Korut

Meskipun sekarang masih tegang, namun sebenarnya sering ada wacana terutama dari pihak Korsel untuk berdamai dengan sebelahnya. Namun, tentu hal ini jadi sesuatu yang sulit mengingat sentimen yang tinggi. Tapi upaya untuk unifikasi konsisten dilakukan. Dan kamu mungkin tak banyak tahu, Korsel sering sekali meminta Indonesia jadi penengah atau penghubung dari upaya baik ini.



Tercatat beberapa kali Indonesia dimintai tolong untuk jadi penengah konflik Korsel-Korut. Yang terbaru adalah ketika mantan presiden Megawati diundang oleh Moon Jae In untuk merealisasikan hal baik ini. Ditunjuknya bu Mega juga karena faktor historis dimana dirinya sangat akrab dengan Kim Jong Il, papa Kim Jong Un, serta bung Karno yang juga jadi sahabat baik Kim Il Sung, atau sang pendiri Korut. Masih belum diketahui sebesar apa perkembangannya, namun akan jadi prestasi tersendiri jika Indonesia bisa mendamaikan kedua Korea ini. Di samping hubungan kita pun akan makin langgeng dengan mereka.

Indonesia sejak dulu sejatinya adalah sahabat dari negara-negara di dunia. Hanya saja bergantinya zaman membuat banyak hal juga berubah. Namun, untuk beberapa negara kita tetap konsisten jadi teman baik. Berkaca dari hal ini seharusnya kita juga bisa jadi sahabat dari negara manapun, termasuk yang katanya sering bikin ulah, misalnya si tetangga sebelah. Tapi tentu harus tetap logis karena hubungan kedua negara itu mewadahi begitu banyak kepentingan.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment