Ini Bedanya Sabun Wajah Untuk Pria dan Wanita

sabun wajah

Jika Anda masih bertanya-tanya mengapa sabun wajah untuk pria dan wanita berbeda, maka ini adalah jawabannya. Memang sekilas tampak boros jika harus membeli dua jenis sabun wajah hanya karena berbeda gender saja. Padahal perbedaan jenis kulit dan struktur kulit wanita dan pria lah yang jadi alasan utama mengapa jenis sabun mereka dibedakan.

Sama halnya seperti alasan dibuatnya deodoran khusus pria, atau parfum khusus untuk kaum adam, juga krim pencukur kumis dan jenggot khusus.

Jenis kulit pria lebih tebal, akibat adanya stimulasi hormon androgen (testosteron) yang dominan mereka miliki. Ketebalannya bahkan mencapai 25 persen lebih dibanding kulit wanita. Karena lebih tebal, maka otomatis kulit pria juga lebih keras.

Produksi minyak (sebum) di kulit mereka terutama setelah pubertas, lebih banyak dibanding wanita. Ini juga masih terkait dengan banyaknya sekresi hormon androgen yang mereka miliki.

Penjelasan lain dari Dr Anjali Mahto, konsultan dermatolog di Cadogan Cosmetics, selain alasan di atas, pria pun mempunyai lebih banyak folikel rambut, yang memicu lebih banyak kotoran menempel.

Akibatnya, untuk merawat dan membersihkan kulit pria perlu lebih banyak usaha dibanding untuk membersihkan kulit kaum wanita. Bahannya pun biasanya lebih pekat, sebab lebih banyak kotoran dan minyak yang perlu dibersihkan.

Banyak produsen sabun wajah pria yang membuat formulasi yang hampir sama seperti pada sabun tubuh, sehingga mereka dapat menggunakannya sekaligus untuk tubuh dan wajah. Ini  alasannya demi kepraktisan saja karena pria banyak yang ogah repot memakai banyak jenis sabun.

Ada pula yang menambahkan bahan yang mengandung exfoliant pada sabun wajah pria sebagai pembersih sel kulit mati, yang berguna untuk pria yang tak pernah melakukan perawatan facial di salon.

Selain itu, rata-rata sabun wajah kedua gender itu sama-sama mengandung unsur senyawa sabun, sufaktan sintetis, dan asam lemak.

Dianjurkan bagi kaum wanita untuk tidak menggunakan sabun wajah pria sebab terlalu keras dan dapat memicu kulit menjadi kering.

 

 

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment