Indonesia Masuk Daftar Lima Negara ‘Terbesar’ Yang Gagal ke Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2026 Resmi Diikuti 48 Negara, Indonesia Bisa Lolos

Indonesia masuk dalam daftar lima negara ‘terbesar’ yang gagal berangkat ke Piala Dunia 2018. ‘Terbesar’ di sini bukan dalam artian terbesar dalam urusan sepakbola, tetapi terbesar dalam urusan populasi. Jelas bukan cuma Indonesia yang ada dalam daftar ini, tetapi juga Amerika Serikat, China, dan India.

Cukup unik memang, gelaran Piala Dunia 2018 menghasilkan sesuatu yang kontras terkait dengan kuantitas. Lolosnya Islandia pada satu sisi membuktikan, negara dengan jumlah penduduk sesedikit apapun, punya kans untuk lolos masuk putaran final Piala Dunia.

Pasalnya, Islandia hanya memiliki sekitar 300.000 penduduk. Namun nyatanya mereka bisa bersaing di kualifikasi zona Eropa. Bahkan mengungguli tim-tim seperti Kroasia, Ukraina, dan Turki yang lebih berpengalaman untuk menjadi juara grup, dan mengambil tiket langsung ke Rusia.

Hal ini jauh berbeda dengan lima negara dengan populasi terbesar di dunia. Mereka adalah China, India, Amerika Serikat, dan Pakistan. Tidak ada satupun yang lolos ke Rusia. Indonesia sendiri, tidak berpartisipasi di kualifikasi Piala Dunia 2018 (dan Piala Asia 2019) karena saat kompetisi dimulai, masih dalam status terkena sanksi FIFA. Hal yang sama berlaku untuk Pakistan.

China Bidik Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 Atau 2034, Lalu Indonesia

India, yang membuat total ada empat negara Asia yang punya populasi terbesar ddi dunia, tersingkir lebih awal,di kualifikasi babak pertama. India bukan cuma dihancurkan Iran. Tetapi juga kalah poin dari tim seperti Oman, Turkmenistan, dan bahkan Guam.

Akan halnya China, sempat melaju hingga babak terakhir kualifikasi zona Asia. Namun negara tersebut hanya berada di peringkat kelima Grup A, kalah dari Iran dan Korea Selatan yang berangkat ke Rusia, dan kalah pula dari Syria dan Uzbekistan yang secara beruntun ada di peringkat ketiga dan keempat grup.

Sebenarnya ada harapan dari Amerika Serikat. Namun, negara adidaya itu cuma masuk lima besar zona CONCACAF. The Yanks kalah dari Meksiko, Kosta Rika, dan Panama yang mengambil hak langsung ke putaran final, dan Honduras yang harus melalui jalur play-off interkontinental lebih dahulu.

Apa boleh buat, ketika Islandia dengan populasi dan jumlah pemain profesional serba terbatas berhasil lolos, ternyata negara-negara dengan populasi terbesar, bahkan lima negara terbesar, hanya bisa menyaksikan Piala Dunia 2018 dari layar televisi.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment