Franck Ribery: Gelar Ballon d’Or Cristiano Ronaldo Tahun 2013 Tidak Adil!

Franck Ribery Gelar Ballon d'Or Cristiano Ronaldo Tahun 2013 Tidak Adil!

Franck Ribery mengklaim, gelar Ballon d’Or yang didapatkan oleh Cristiano Ronaldo pada tahun 2013 tidak adil. Pasalnya, Ribery merasa dirinyalah yang berhak memenangi trofi tersebut tahun itu. Menurut sang winger asal Prancis, media di negaranya tidak memihak kepadanya. Berbeda dengan Ronaldo dan Messi yang mendapatkan dukungan penuh dari negara masing-masing.

Franck Ribery adalah Pemain Terbaik UEFA musim 2012/2013. Hal yang wajar karena di tahun tersebut Ribery mengantarkan timnya meraih treble di semester pertama, yaitu juara Liga Jerman 2013, juara DFB Pokal 2013, dan juara Liga Champions 2013. Belum lagi ditambah dengan gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub.

Uniknya, dengan lima gelar tersebut, Franck Ribery tidak bisa memenangi Ballon d’Or. Dia malah hanya menempati peringkat ketiga dalam perhitungan suara. Mantan winger Olympique Merselle itu mendapatkan 23,26 persen suara. Jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sang juara Cristiano Ronaldo (27,99 persen) dan runner-up Lionel Messi (24,72 persen).

Tahun tersebut, Ballon d’Or masih merupakan hadiah tunggal, dan digabung dengan acara Pemain Terbaik FIFA. Oleh karenanya, pemilihan suara dilakukan voters yang terdiri dari pelatih sebuah negara anggota FIFA, kapten timnas negara tersebut, dan seorang jurnalis dari setiap federasi anggota FIFA.

Berita Liga Champion Franck Ribery Kembali Absen Lawan Barcelona di Leg Kedua

Kini, berbicara kepada Canal Football Club, Franck Ribery mengeluhkan dukungan yang serba sedikit dari negaranya. Kata sang winger, “Ballon d’Or itu sulit. (Kekalahan saya kala itu) tidak bisa dimengerti. Saya memenangkan semua trofi (bersama Bayern Munchen, minus DFL Super Cup), setelahnya saya tidak bisa berbuat lebih banyak lagi.”

“Bagi saya, (kekalahan di Ballon d’Or 2013) ini seperti pencurian, ketidakadilan, saya tidak mendapatkan dukungan menyeluruh negara di belakang saya. Saya melihat dengan mata kepala sendiri orang-orang Prancis yang mengatakan (gelar Ballon d’Or itu pantas) untuk Cristiano (Ronaldo).”

Ribery berbalik membandingkan, bahwa orang Portugal pasti akan mendukung Cristiano Ronaldo untuk juara Ballon d’Or. Demikian pula dengan orang Argentina yang berpihak pada Lionel Messi. Cuma, selera media Prancis sedikit berbeda.

“Apakah rakyat Portugal menginginkan Ribery atau Messi yang menjadi juara? Mustahil. Hal yang sama berlaku untuk rakyat Argentina.”

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment