Foto-Foto Langka Ketika Tentara Jepang Jadi Kuli di Indonesia

Jepang pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942 sampai 1945. Meski hanya 3 tahun saja menguasai nusantara, tetapi apa yang dilakukan tentara Jepang terhadap masyarakat Indonesia benar-benar tidak bisa diterima akal sehat. Mereka menjadikan rakyat Indonesia layaknya sapi perah demi keuntungan pribadi.

Namun ketika Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh Amerika Serikat, Jepang memutuskan menyerah. Hal ini dimanfaatkan Indonesia untuk mengusir tentara Jepang dari bumi pertiwi.

Meski sudah kalah perang, tetapi tidak semua tentara Jepang dapat kembali ke negaranya. Mau tak mau mereka tetap berada di Indonesia dan bekerja apa saja demi menyambung hidup. Dan siapa yang menyangka jika tentara-tentara Jepang yang gagal pulang pernah menjadi kuli di Indonesia.

Tak percaya ? Foto-foto langka berikut ini menjadi bukti bahwa tentara Jepang pernah menjadi pekerja kasar di Indonesia pada awal kemerdekaan.

1. Tentara Jepang menjadi kuli bandara di Kemayoran, Jakarta. Foto ini diambil pada tanggal 7 Desember 1946.



2. Kekalahan Jepang pada saat Perang Dunia II membuat mereka mau tak mau harus bekerja apa adanya demi menyambung hidup.



3. Selain di bandara, tentara Jepang juga menjadi kuli di salah satu pasar di Jakarta tahun 1946.



4. Beginilah ketika mereka menjadi kuli. Dari yang semula menjadi penguasa berubah menjadi kuli kasar.



5. Di Tanjung Priuk juga terlihat beberapa tentara menjadi kuli disana.



Sepertinya kekalahan Jepang di Perang Dunia II sangat berpengaruh besar. Selain membuat mereka menyerah, dampaknya pun terlihat dari tentara-tentara mereka yang menjajah di Indonesia. Dari yang semula menjadi penjajah berubah menjadi kuli kasar demi sesuap nasi.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment