Chai Kue, Dimsum Pontianak dengan Rasa Istimewa

Pontianak, pecahan surga di Kalimantan Barat yang membuat siapapun terpesona. Tak hanya keindahan alam, kuliner di kota ini juga tak kalah menggoda. Seperti bubur pedas yang sangat cocok untuk menu sarapan. Tak hanya itu, ada juga kue lezat yang bentuknya mirip dengan dimsum. Penasaran seperti apa makanan khas Pontianak ini? Simak yuk!

Baca juga : Berwadah Batok Kelapa, 4 Kuliner Ini Lagi Hits

Jajanan Kenyal Bernama Chai Kue

Chai kue kukus isi sayur
Chai kue kukus isi sayur [image source]

Pernah dengar nama jajanan ini? Ya, chai kue merupakan kuliner Tionghoa yang menjadi khasnya kota Pontianak. Sekilas, jajanan yang juga disebut choi san ini mirip dengan pangsit berukuran kecil. Kulitnya terbuat dari lapisan berwarna putih yang tipis dan lembut. Cara penyajiannya diletakkan dalam loyang bulat dan ditata menyerupai dimsum.

Seporsi Chai Kue kukus
Seporsi Chai Kue kukus [image source]

Pembuatan Sederhana tapi Istimewa Rasanya

Proses pembuatan Chai Kue
Proses pembuatan Chai Kue [image source]

Dari luar, jajanan ini nampak biasa. Namun, kamu bakalan ketagihan setelah menggigitnya. Chai kue terbuat dari tepung beras dan maizena yang kenyal. Adonan awalnya berbentuk bola besar, kemudian diambil satu genggam untuk digilas dan dicetak berbentuk lingkaran. Campuran adonan inilah yang menjadi kulit chai kue dan nantinya diisi dengan beraneka isian sesuai dengan pesanan.

Chai kue diolesi minyak kelapa
Chai kue diolesi minyak kelapa [image source]

Aneka Isian yang Menggoyang Lidah

Chai kue dengan aneka rasa
Chai kue dengan aneka rasa [image source]

Seporsi chai kue biasanya terdiri dari 10 biji. Namun, pembeli bisa memesan lebih banyak sesuai dengan keinginan. Tak hanya jumlah per biji, varian rasa juga bisa dipilih sesuai dengan selera. Hingga saat ini, varian isi yang disediakan oleh warung-warung chai kue cukup beragam, dari rebung, bengkoang, ebi, daging ayam, daging sapi, hingga udang. Tentu saja, isi dari jajanan ini berasa hingga bagian paling dalam.

Jajanan Chai Kue khas Pontianak
Jajanan Chai Kue khas Pontianak [image source]

Kering atau Berkuah dengan Topping Bawang Goreng

Chai kue dengan saos
Chai kue dengan saos [image source]

Sebelum chai kue ditata, loyang terlebih dahulu dialasi dengan daun pisang yang sudah terolesi minyak kelapa. Hal ini tidak lain agar chai kue tak menempel di bagian daun. Chai kue sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu kukus, goreng, serta bakar. Semuanya memiliki rasa unik dengan cara memasak yang berbeda. Menariknya lagi, ada topping sederhana di setiap chai kue yang ternyata terbuat dari bawang goreng.

Chai kue goreng
Chai kue goreng [image source]

Chai kue kukus paling pas disantap saat masih hangat dengan sambal jeruk pedas asam. Sedangkan kamu yang mencoba chai kue goreng bisa dinikmati dengan campuran saus tiram dan kecap ikan. Tak perlu bingung mencari jajanan ini di Pontianak. Hampir semua tempat menyediakan kuliner lezat ini. Salah satunya di Gleam Café – Chai Kue Panas 18 yang terletak di Jalan Tamar no. 3, Pontianak. Prev

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment