Cerita Pesugihan Nyi Roro Kidul Dan Blorong

Pesugihan nyi roro kidul dan blorong erat dikaitkan dengan cerita pesugihan dengan bersekutu pada siluman ular berkepala manusia. Jenis makhluk halus seperti apa sebenarnya persekutuan dengan kedua siluman tersebut? Mari simak secara singkat di bawah ini.

Pesugihan Nyi Roro Kidul

Hampir seluruh pesisir pantai selatan mengenal legenda roro kidul yang dikaitkan dengan sebuah cerita legenda seorang putri kerajaan menerjunkan diri di pantai selatan jawa. Karena itulah kemudian muncul keyakinan masyarakat jawa bahwa nyi roro kidul dulunya merupakan seorang manusia.

Beranjak dari kisah legenda tersebut pada perkembangannya terdapat satu cerita terkait dengan asal usul kerajaan mataram islam yang didirikan oleh Danang Sutawijaya atau Panembahan Senapati.

Tak cukup sampai disitu sosok makhluk halus yang berwujud seorang wanita cantik mengenakan pakaian adat jawa dan berpernik hiasan emas juga erat dikaitkan dengan cerita pesugihan nyi roro kidul. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya orang yang mendatangi pantai selatan sekaligus melakukan berbagai macam ritual serta memberikan sesaji dengan tujuan bertemu dengan nyi roro kidul penguasa pantai selatan guna meminta bantuan untuk mewujudkan keinginannya.

Jauh sebelum jaman modern seperti saat ini masyarakat pesisir selatan jawa memang sangat mempercayai hal tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka yang berhasil dalam mencari pesugihan terlihat sukses dan bergelimang harta benda.

Namun demikian dapat kita pastikan bahwa jalan yang mereka tempuh untuk mendapatkan rejeki jelas tidak kita rekomendasikan untuk yang lainnya. Pasalnya segala persekutuan terhadap makhluk halus tentunya harus kita bayar dengan resiko mahal baik di dunia maupun di akhriat kelak.

cerita-pesugihan-nyi-roro-kidul-dan-blorong

Tak jarang pula masyarakat yang mempercayai hal tersebut menuturkan bahwa selain ritual dan sesaji mereka yang bersekutu dengan nyi roro kidul diharuskan memberikan tumbal berwujud manusia sebagai budak kerajaan ghaib di pantai selatan. Tempat-tempat yang kerap dijadikan sebagai ritual pemujaan yakni sepanjang pantai selatan jawa seperti parangtritis, sampai pantai glagah indah kulonprogo.

Pesugihan Nyi Blorong

Meskipun kedua makhluk halus tersebut kerap dihubungkan namun secara detail nyi blorong berbeda dengan Nyi Roro Kidul. Meskipun keduanya sering dikaitkan dengan persekutuan dengan manusia namun Nyi Roro Kidul ini terlihat lebih mengerikan lagi syarat dan ritual yang harus dijalani. Mau tahu apa syaratnya selain ritual dan sesaji?

Rekomendasi: Misteri Pesugihan Nyi Blorong

Pemuja blorong rupanya harus memberikan service atau layanan syahwat pada siluman ular tersebut. Dalam cerita pesugihan blorong konon para pelaku harus memberikan kepuasan terhadap makhluk tersebut. Penampakan Nyi Blorong katanya juga tidak jauh beda dengan Nyi Roro Kidul yakni berwujud wanita cantik berpakaian serba mewah dan menawan layaknya putri raja pada masa lalu.
Yang membedakannya ialah ketika bulan purnama datang, konon blorong akan berubah wujud asli sebagai siluman ular berkepala manusia dan bermuka buruk berkerut.

Kembali pada para pencari pesugihan nyi blorong, konon mereka mendapatkan harta dari sisik tubuh Blorong yang berwujud emas. Meskipun emas ini tidak serta merta laku untuk dijual namun sebagian masyarakat percaya bahwa sisik tersebut nantinya dijadikan sebagai sebuah jimat pesugihan.

Giman mbah, sudah dapat gambaran tentang kedua makhluk itu? Terimakasih telah bersedia membaca cerita pesugihan nyi roro kidul dan blorong

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment