Bisa Ungguli Movistar Yamaha, Tim Satelit Tech 3 Malah Punya Dilema!

Bisa Ungguli Movistar Yamaha, Tim Satelit Tech 3 Malah Punya Dilema! 2

Yamaha Tech 3 musim lalu di MotoGP 2017 berhasil mengungguli Movistar Yamaha di berbagai kesempatan. Namun, justru hal itu menimbulkan dilema tersendiri bagi tim satelit tersebut. Hal ini diakui oleh bos Tech 3, Herve Poncharal yang mengaku kikuk dengan tim Movistar.

Sepanjang MotoGP 2017, duo Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi menjalani hari-hari yang berat. Mereka justru tertatih di banyak kesempatan. Sebaliknya, rookie Johann Zarco dan Jonas Folger tampil memukau.

Padahal, mereka menggunakan motor YZR M1 dengan mesin 2016 yang artinya sudah berusia setahun. Memang di klasemen akhir, Zarco dan Folger tetap di bawah duo Yamaha. Namun dalam beberapa lomba, Zarco dan Folger kadang finish di depan Rossi dan Vinales; sesuatu yang tak terbayangkan.

Total, Zarco mengalahkan entah Vinales atau Rossi enam kali tahun ini. Sementara Folger berbuat serupa sebanyak dua kali. Hal inilah yang membuat Herve Poncharal menyebut, bahkan dalam mimpi terliar tim Tech 3 sekalipun, tidak pernah terlintas kemungkinan seperti itu.

Katanya dikutip dari Motorsport.com, “Terkadang agak tidak enak rasanya berada di depan mereka (Rossi dan Vinales). Saya bisa melihat beberapa wajah menegang, kami (Tech 3) tidak selalu mendapatkan banyak jabat tangan atau senyuman setelah balapan tapi saya bisa mengerti.”

Bisa Ungguli Movistar Yamaha, Tim Satelit Tech 3 Malah Punya Dilema!

“Kami berada di sini bersama dua pebalap rookie untuk membuat (Zarco dan Folger) memahami pertarungan di kelas (MotoGP). Dan mereka ada di sini untuk memenangkan kejuaraan.”

“Fakta bahwa kami bisa berbuat seperti musim lalu dengan motor (bermesin dengan usia setahun), memacu para engineer Yamaha dan dua pebalap pabrikan, bisa jadi menunjukkan bahwa mereka (mengembangkan mesin) ke arah yang salah.”

Namun Poncharal juga menegaskan, sampai kapanpun keberadaan Yamaha Tech 3 adalah untuk membantu Movistar Yamaha. Bukan sebaliknya. Ia menjelaskan, “Tim pabrikan akan selalu menjadi yang pertama. Kami (Tech 3) adalah tim Yamaha. Ini musim ke 20 berturut-turut dengan mereka, saya mengenal mereka dengan baik, saya sangat menghormati mereka.”

“Jika kami (Tech 3)  mencapai hasil (yang di atas Yamaha), itu karena kami memiliki pebalap hebat, tim dan kru yang bagus, dan motor yang mumpuni.  Jadi saya harus berterima kasih kepada Yamaha atas dukungan mereka terhadap kami.”

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment