Berani Nggak Uji Nyali ke-10 Tempat Terhorror di Yogyakarta?

Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan bersejarah. Setiap tahun tak sedikit pelancong dari mancanegara singgah untuk menikmati budaya, kuliner dan wisata yang disajikan kota Gudeg ini. Namun, tahukah Anda bahwa Yogyakarta juga memiliki tempat horror yang sering dijadikan tempat uji nyali?

Lantas tempat mana saja yang dianggap paling horror dan membuat bulu kuduk meremang? Ini dia!


10Gereja Gothic Sayidan

Bangunan yang terletak di Gondomanan ini dianggap horror oleh warga sekitar. Menurut warga Gereja Gothic Sayidan sudah ada sejak zaman dulu. Keangkerannya semakin menjadi karena bangunan dibiarkan terlantar. Sepanjang lorong nuansa dingin begitu terasa ditambah dengan bau pengap yang menusuk indera penciuman. Konon pernah ada mahasiswa yang didatangi 2 anak kecil saat melakukan observasi.


9Keraton Yogyakarta

Meski dari luar bangunan terlihat wajar, tetapi di malam hari nuansa sakralnya begitu kental. Menurut cerita yang berbedar, siapa pun yang berniat jahat akan mendapat perlakuan buruk dari penghuni yang menjaga Keraton. Makhluk tak kasat mata tersebut juga menjaga di sekitar area bangsal Proboyeksa, tempat pemyimpanan pusaka milik Keraton.


8Plaza Ambarukmo (Amplaz)

Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta pasti tidak asing dengan mall megah yang menjadi tongkrongan anak muda ini. Konon sebelum menjadi pusat perbelanjaan, Amplaz adalah bekas Pesanggrahan Ambarukmo yang kerap dijadikan tempat ziarah dan dikeramatkan. Menurut cerita yang beredar, pernah ada penampakan di area parkir dan toilet lantai 1.


7Kandang Menjangan

Bangunan yang letaknya di sebelah selatan Plengkung Gading ini dulunya adalah kawasan hutan. Menurut sejarah, di tahun 1613 terjadi suatu peristiwa yang merenggut nyawa seorang kerabat Keraton. Pembangunan benteng dilakukan untuk memperingati beliau yang tewas setelah diseruduk kijang.

Dari cerita yang beredar di Kandang Menjangan ini pernah ada penampakan hantu wanita berambut panjang yang tergantung terbalik.


6Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa

Bangunan peninggalan zaman Belanda ini dulunya merupakan tempat perkumpulan mahasiswa Universitas Sarjanawiyata. Namun, semenjak erupsi Gunung Merapi di tahu 1994 silam, tempat ini tak lagi digunakan karena mengalami kerusakan.

Lama terbengkalai, bangunan ini menjadi tidak terurus dan terlihat menyeramkan. Konon sering terdengar suara teriakan dan tangisan bahkan tidak sedikit warga sekitar yang mengaku melihat penampakan kuntilanak di atas pohon.


5Goa Jepang

Dari namanya Goa ini sudah ada sejak zaman kependudukan Jepang. Kala itu Goa ini digunakan sebagai tempat untuk menyiksa tawanan perang termasuk para prajurit. Konon banyak sekali penampakan yang terjadi di Goa ini. Mulai dari suara tangisan minta tolong, langkah kaki sampai penampakan prajurit bersimbah darah dan pocong.


4Benteng Vredeburg

Bangunan zaman Belanda ini dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan VOC. Mulanya bernama Rustenburg. Konon di tahun 1988 saat bangunan henda di renovasi, suara jeritan tiba-tiba muncul. Membuat para pekerja ketakutan. Suara jeritan baru lenyap setelah para pekerja menemukan kerangka yang terkubur. Kerangka tersebut kemudian dipindahkan ke pemakaman umum.

Banyak juga kejadian horror  yang dialami warga sekitar seperti penampakan noni cantik berkaki kuda, serdadu berseragam kompeni tanpa kepala, dan alunan musik khas Belanda.


3Rumah Kentang

Sudah banyak kisah tentang rumah berhantu, tapi yang satu ini agak unik. Di mana aroma kentang bakar selalu tercium di malam hari. Menurut warga sekitar, aroma kentang bakar pertanda bahwa rumah kosong tersebut dihuni oleh genderuwo. Tidak hanya itu saja, kabarnya lonceng kecil yang ada di rumah tersebut pun kerap berbunyi sendiri.


2Cinema XXI

Bioskop ini didirikan di atas tanah bekas Hero dan bioskop Empire 21 yang mengalami kebakaran di tahun 1999. Selang beberapa bulan kemudian bangunan di sebelahnya, bioskop Regent mengalami hal serupa. Dalam peristiwa nahas tersebut ada 15 orang yang tewas, konon ada beberapa korban yang tidak ditemukan. Sebelum bangunan dirubuhkan banyak kejadian aneh yang terjadi seperti terdengar suara aneh, penampakan korban kebakaran sampai terciumnya bau daging bakar.

Semenjak Cinema XXI dibangun dan beroperasi, tidak sedikit pengunjung kerap melihat penampakan di basemen, kamar mandi dan di dalam gedung teather. Kebanyakan dari mereka mengalami pengalaman mistis di malam hari.


1Villa Taman Eden

Villa yang terletak di Kaliurang ini banyak menyimpan kisah-kisah horror. Padahal villa Taman Eden sering dijadikan pilihan sebagai tempat beristirahat oleh wisatawan. Banyak kejadian janggal yang terjadi di villa ini seperti pengunjung yang tiba-tiba kesurupan, misteri kamar Melon, penampakan kakek misterius dan hal-hal mistis lainnya.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment