Bakmi Toprak Yu Nani, Kaya Tetelan dan Irisan Cabai yang Bikin Ngiler

Jika Jogja punya banyak kedai dengan menu Bakmi Jawa, lain halnya dengan Solo. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini punya Bakmi Toprak yang pedasnya ‘menggebrak’ lidah. Penasaran di mana dapat menjajal kuliner lezat ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

Baca juga : Sejuknya Wisata Bukit Sekipan di Tawangmangu

Kedai Legendaris Berusia 62 Tahun

Bakmi Toprak Khas Kota Solo
Bakmi Toprak Khas Kota Solo [image source]

Tidak susah untuk menemukan bakmi toprak saat liburan ke Solo. Coba saja mampir ke Jalan Pandu Dewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan. Terletak persis di belakang SD Kartopuran, ada kedai Bakmi Toprak Yu Nani yang cukup terkenal. Bagaimana tidak, kedai ini sudah berjualan sejak tahun 1955. Meski sudah berumur 62 tahun, rasa dari sajian ini tak pernah berubah.

Kuliner legendaris di Solo
Kuliner legendaris di Solo [image source]

Ketoprak Enak Tanpa Sambal Kacang

Bakmi Toprak yang kaya tetelan
Bakmi Toprak yang kaya tetelan [image source]

Jangan berharap ada ketoprak dan bakmi di kedai ini. Kuahnya saja tidak menggunakan sambal kacang seperti ketoprak umumnya. Selain itu, isiannya juga tidak memakai ketupat, melainkan tetelan, bihun, hingga sosis. Tentu saja sajian tersebut tidak akan kamu temukan di tempat lain, selain Solo.

Toprak tanpa sambal kacang
Toprak tanpa sambal kacang [image source]

Kuah Kaldu Sapi Mirip Bakso

Kuah nikmat yang mirip bakso
Kuah nikmat yang mirip bakso [image source]

Pengganti kuah di bakmi toprak ini adalah kaldu sapi hangat yang dibumbui rempah tradisional. Bentuknya mirip dengan kuah bakso yang beraroma sedap. Beberapa orang juga menyebutnya mirip dengan soto ketika melihat isinya. Selain tetelan, ada juga kecambah, koyor, kacang, tempe goreng, bakwan, hingga karak atau kerupuk nasi. Rasanya tentu saja bakal membuatmu ketagihan.

Bakmi Toprak mirip bakso
Bakmi Toprak mirip bakso [image source]

Menggiurkan dengan Karak Serta Taburan Cabe Iris

Irisan Cabe dan Jeruk untuk topping
Irisan Cabe dan Jeruk untuk topping [image source]

Yang paling menggiurkan dari Bakmi Toprak Yu Nani adalah toppingnya. Selain menggunakan daun seledri, ada juga perasan jeruk nipis yang membuat hidangan ini makin segar. Paling wajib adalah irisan cabai segar yang membuat rasa bakmi makin nikmat. Satu porsinya sangat terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp19.500. Itupun sudah sekalian es teh.

Irisan Cabe yang menggiurkan
Irisan Cabe yang menggiurkan [image source]

Kuliner di Solo memang terkenal lezat. Tak hanya makanan berat, jajanan legendarisnya juga bikin ketagihan. Bagaimana, sudah pernah mencoba menu bakmi toprak ini? Prev

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment