6 Negara Ini Ternyata Sudah Menghilang Dari Peta Dunia

Negara merupakan suatu wilayah yang terdiri dari pemerintah dan rakyat. Keberadaan suatu negara bisa dilihat di dalam peta dunia. Jika sudah terdapat di peta, maka negara tersebut memang sudah diakui oleh dunia.

Tetapi ada yang menarik dalam pembahasan kali ini. Sebab ternyata ada beberapa negara yang kini telah menghilang dari peta dunia. Lho, kok bisa ya ?

1. Jerman Timur

Pasca Perang Dunia II, negara Jerman terpecah menjadi dua, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Tepat pada tanggal 3 Oktober 1990, beberapa wilayah dari Jerman Timur memutuskan untuk bergabung dengan Jerman Barat. Hal ini menjadi latar belakang bergabungnya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur. Kemudian tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur diruntuhkan.

2. Uni Soviet

Ada suatu masa dimana Uni Soviet menjadi negara yang ditakuti hampir seluruh. Beberapa negara di dunia pun sampai berpihak kepada Uni Soviet yang kemudian dikenal dengan sebutan gerakan Blok Timur.

Namun seiring berjalannya waktu kekuatan Uni Soviet mulai memudar. Negara ini akan terpecah menjadi 15 bagian, yakni Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgizstan, Latvia, Lituania, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan.

3. Yugoslavia

Dulu di Eropa terdapat negara yang bernama Yugoslavia. Negara ini hancur dikarenakan perang saudara yang berkepanjangan. Akibatnya Yugoslavia terpecah menjadi beberapa negara, yakni Slovenia, Kroasia, Makedonia, Bosnia-Herzegovina, Serbia, Montenegro, dan Kosovo.

4. Sikkim

Ada yang pernah mendengar negara Sikkim ? Negara ini berdiri dari abad 8 Masehi sampai abad 20. Negara ini menghilang karena rakyatnya mengalami kemiskinan. Akibatnya negara Sikkim memutuskan untuk bergabung dengan India.

5. Ottoman-Empire

Negara Ottoman-Empire sempat berjaya selama 6 abad lamanya. Ottoman-Empire pernah menguasai sejumlah wilayah, yakni mulai dari Maroko sampai Teluk Persia dan Sudah hingga ke utara Hungaria.

Namun kejayaan Ottoman-Empire runtuh karena terjadi perang saudara. Negara ini sekarang dikenal dengan nama Turki.

6. Cekoslowakia

Negara Cekoslowakia termasuk dalam benua Eropa yang berdiri pada tahun 1918 sampai 1992. Tepat pada tahun baru 1993, Cekoslowakia mengalami perpecahan menjadi Republik Ceko di bagian barat dan Slowakia di bagian timur.

Apa Pendapatmu ?

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment