5 Tempat Yang Dipercaya Banyak Dihuni Hantu Pocong

Sebagai warga Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan hantu pocong yang kerap muncul baik dalam perbincangan sehari-hari maupun melalui senedrama televisi. Pada masa lalu keberadaan hantu pocong kerap sekali dikaitkan dengan tempat-tempat angker dan seram baik berupa bangunan maupun pepohonan.

Melalui catatan kecil ini akan kami sampaikan 5 tempat yang banyak dihuni hantu pocong selama ini. Beberapa diantaranya memang benar-benar dapat dibuktikan kebenarannya namun ada pula yang menjadi mitos dan sulit untuk dipastikan kebenarannya.

Kuburan Bercungkup

Masyarakat jawa pada masa lalu kerap membangun kuburan atau makam sekaligus memberikan cungkup semacam bangunan beratap sebagai pelindung makam. Meskipun saat ini keberadaan kuburan bercungkup sudah tidak sebanyak dulu lagi namun di beberapa daerah seperti Jawa Tengah masih ada kuburan bercungkup.

hantu-pocong

Penampakan sosok hantu pocong di kuburan menjadi salah satu penampakan makhluk gaib paling menyeramkan. Dilain sisi ada pula yang beranggapan pemapakan pocong di kuburan secara jelas mendeskripsikan akan keberadaan mayar berkafan yang dimakamkan di tempat tersebut.

Di Indonesia sendiri khususnya pulau jawa penampakan hantu pocong di pemakaman pada masa lalu kerap dialami oleh para pedagang keliling seperti pedagang bakso dan mie ayam, para penggali kubur, hingga para pengguna jalan yang berada tak jauh dari kuburan bercungkup. Kendati demikian tidak semua kuburan bercungkup menjadi sarang atau tempat tinggal favorit hantu pocong melainkan hanya pemakaman tertentu saja,

Bangunan Sekolah

Gedung sekolahan menjadi salah satu bangunan yang tidak ada penghuninya di kala malam hari. Situasi seperti ini acapkali dimanfaatkan makhluk gaib untuk beraktivitas di tempat tersebut layaknya manusia. Beberapa bangunan sekolah tua (gak usah disebut) baik di wilayah Bandung, Jogja, hingga daerah Jawa Timur dikabarkan sering terdapat penampakan sosok hantu yang kerap menampakkan diri dihadapan manusia tersebut.

Secara logika keberadaan bangunan sekolah memang menjadi tempat nyaman bagi makhluk astral tanpa adanya gangguan dari aktivitas manusia saat malam hari. Disisi lain suasana gedung sekolah yang sepi serta gelap disebut-sebut menjadi salah satu pendukung keberadaan makhluk gaib termasuk hantu pocong di tempat tersebut.

Beberapa saksi mata menuturkan jika kebanyakan sekolah tua yang banyak dihuni hantu pocong mayoritas tidak berbatasan langsung dengan pemukiman penduduk melainkan berlokasi di tempat cukup sepi seperti pinggiran sawah, pegunungan, dan lain sebagainya.

Rumah Sakit

Bukan rahasia lagi kan jika di rumah sakit kerap menjadi tempat meninggalnya orang? Situasi ini dimanfaatkan oleh jin untuk menakut-nakuti dengan cara kamuflase menjadi sosok pocong layaknya seorang manusia yang telah meninggal dan telah dikafani.

Konon di rumah sakit baik rumah sakit umum maupun swasta tak terawat penah terjadi penampakan pocong, bahkan ada pula yang dikabarkan jika keberadaannya kerap mengganggu pasien. Kamar mayat menjadi satu-satunya kamar yang paling disukai oleh makhluk gaib.

Kemampuan jin dalam mengetahui orang-orang disekitarnya kerap kali membuat mereka menyerupai orang yang telah meninggal di rumah sakit tersebut, bahkan mampu menebar fitnah agar situasi dan keadaan semakin mencekam. Tak heran jika mayoritas rumah sakit di Indonesia saat ini memiliki penasihat atau tim spiritual untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di rumah sakit tersebut.

Pohon Pisang

Tak banyak yang mengetahui disamping manfaat pohon pisang yang sangat beragam terdapat cerita misteri di dalamnya. Ya, pohon pisang disinyalir kuat menjadi tempat favorit yang banyak dihuni hantu pocong dan kuntilanak.

tempat-tinggal-hantu-pocong

Ada perbedaan antara kuntilanak dan pocong saat berada di rumpun pohon pisang diman kuntilanak yang digambarkan sebagai hantu perempuan berbaju putih kerap menampakkan diri tepat berada di atas daun pohon pisang atau pelepah pisang. Sementara pocong kerap menampakkan diri di samping batang pisang (rumpun) sehingga akan terlihat putih mencolok dibandingkan dengan batang pohon pisang yang berwarna gelap.

Entah kenapa kedua jenis makhluk gaib jahil tersebut kerap menampakkan diri di rumpun pohon pisang. Namun jika kita logika, keberadaan mereka tidak lain untuk mencari tempat lembab dimana pada rumpun pohon pisang biasanya terdapat batang yang busuk dan mengeluarkan bau tidak sedap. Suasana itulah yang kiranya mengundang kuntilanak dan pocong untuk berlama-lama di rumpun pohon pisang.

Rumah Kosong

Punya rumah kosong tidak berpenghuni? Mending segera dikontrakkan saja daripada menjadi sarang makhluk halus. Ya, karena jika sebuah rumah dibiarkan kosong cukup lama maka akan mengundang keberadaan makhluk gaib untuk tinggal di dalamnya.

Suasana sepi serta lembab sangat mendukung keberadaan makhluk astral termasuk hantu pocong di tempat tersebut. Makanya orang jawa pada masa lalu selalu melakukan selamatan jika akan pindah ke rumah baru baik yang barusan dibangung maupun barusan dibeli. Tujuan dari acara selamatan tersebut bukan lain adalah meminta pada Allah SWT agar diberikan keselamatan bagi penghuni rumah sekaligus dijauhkan dari gangguan makhluk gaib seandainya terdapat di rumah tersebut.

Sudah banyak orang yang menceritakan penampakan hantu pocong saat mereka melintasi sebuah rumah kosong tak berpenghuni. Bahkan beberapa saksi mata di sekitar rumah kosong mengatakan jika ada malam-malam tertentu seperti malam jumat kliwon dan selasa kliwong sosok hantu akan muncul dan menampakkan diri disaat ada orang yang melewati tempat tersebut entah itu para peronda, pedangan, maupun pengguna jalan.

Kelima tempat di atas merupakan tempat yang dipercaya banyak dihuni hantu pocong. Terkait percaya tidaknya Anda dengan cerita tersebut semuanya kembali kepada diri Anda sendiri jangan lupa simak juga cerita hantu dikejar pocong malam jumat kliwon.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment