5 Gerakan Senam Hamil Para Ibu Wajib Tahu

Kehamilan untuk seorang wanita menjadi hal yang sangat di tunggu – tunggu. Apa lagi untuk para calon ibu untuk pertama kalinya. Tahukah anda terdapat beberapa hal yang penting bagi para ibu yang sedang hamil.

Salah satunya adalah dengan olah raga yang di khusus kan untuk para ibu hamil. Apa lagi jika kehamilan sudah masuk ke semester ke 4. Hal yang terpenting adalah terdapat gerakan yang wajib di ketahui saat kehamilan. Berikut adalah beberapa gerakan senam hamil agar bayi lahir normal dan lancar.

5 Gerakan Senam Hamil

Dari berbagai gerakan saat senam ibu hamil memiliki kegunaan sendiri – sendiri. Juga caranya berbeda – beda serta gerakan senam tersebut sudah dipastikan aman dan nyaman.

Duduk Bersila

duduk bersila saat hamil

Ketika para ibu hamil melakukan gerakan duduk sambil bersila ini. Bisa membantu pernapasan menjadi lancar ketika semakin membesarnya perut.

Tidak hanya itu saja gerakan senam hamil ini juga bisa membuat perut merasa rileks dan nyaman. Biasanya bisa anda selingi dengan beberapa gerakan menggelengkan kepala. Atau gerakan kecil pada bahu seperti naik turun dan lain sebagainya.

Gerakan Senam Jongkok

senam jongkok saat hamil

Melakukan gerakan jongkok ternyata bisa berguna sekali. Gerakan ini bisa berguna untuk janin agar bisa mengubah posisi bayi semakin turun menuju jalan lahir.

gerakan jongkok saat hamil

Terdapat beberapa manfaat saat melakukan gerakan senam hamil seperti jongkok ini. Yaitu meningkatkan elastisitas jalan lahir bayi dan menguatkan otot – otot. Seperti otot paha, kaki dan panggul.

Tidur Menghadap Samping

Gerakan ini bisa membuat otot kaki dan paha menjadi lebih kuat saat hamil tua. Namun terdapat beberapa ibu hamil yang kesulitan untuk melakukan gerakan ini. Jika merasa kesulitan lakukan saja secara berlahan. Dan jangan terlalu memaksa jika memang tidak kuat sama sekali.

tidur menghadap samping saat hamil

Jika sudah melakukan gerakan tersebut bisa anda selingi dengan beberapa gerakan berikut ini. Seperti mengangkat kaki setinggi pinggul, tarik nafas dalam – dalam, dan menekuk kaki ke perut.

Tidur Dengan Posisi Terlentang

Dengan melakukan gerakan tidur dengan posisi terlentang. Dan juga menggerakkan kaki seperti mengayunkan sepeda ke atas. Bisa membuat pinggul dan paha menjadi kuat.

tidur terlentang saat hamil

Jangan lupa untuk sesekali meluruskan kaki sambil tiduran. Agar tubuh menjadi lebih rileks dan juga nyaman. Setelah nyaman dan rileks lakukan kembali gerakan tersebut.

Mengangkat Pinggul

senam mengangkat pinggul saat hamil

Untuk gerakan mengangkat pinggul ini anda bisa meminta bantuan suami untuk menjaga keseimbangan anda. Karena beberapa ibu hamil ada yang tidak bisa melakukan gerakan ini.

Terbaru : 5 Istri Presiden Tercantik di Dunia

Biasanya dikarenakan karena badan ibu kecil atau gemuk. Sehingga sulit untuk bergerak dengan beban yang sangat berat. Fungsi dari gerakan senam hamil dengan mengangkat pinggul ini berguna mengencangkan otot perut.

 

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment