5 Fakta Tentang Wanita Zaman Dulu yang Belum Kamu Ketahui

Jika berbicara mengenai wanita zaman dulu apa yang pertama kali Anda pikirkan ? Kebanyakan dari kalian pasti akan berpikir mengenai perbedaan derajat. Di beberapa negara, bahkan Indonesia, juga pernah terjadi perbedaan derajat antara pria dan wanita.

Namun ternyata di belahan bumi lain hal tersebut justru tidak berlaku. Ada negara yang menjunjung tinggi kedudukan wanita. Meski ada pula bangsa yang tidak menganggap keberadaan seorang wanita.

Dan berikut ini Bacatulisan.com rangkum fakta-fakta menarik mengenai wanita zaman dulu yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Hak cerai wanita

Di Yunani kuno wanita memang terkesan tidak dianggap sebagai penduduk. Hal inilah yang membuat para wanita kesulitan untuk mendapatkan haknya. Salah satunya adalah jika ada wanita yang ingin bercerai. Mereka membutuhkan perwakilan seorang pria untuk mengurusi proses cerai tersebut.

Jika proses cerai dari pihak wanita terkesan susah, maka beda ceritanya jika pria yang ingin ceria. Mereka cukup mengusir istrinya dari rumah apabila ingin cerai.

2. Punya mainan boneka

Pada era Kerajaan Romawi, perempuan disana sudah menikah ketika usianya baru menginjak 12 tahun. Meski memiliki masa kanak-kanak yang singkat bukan berarti mereka tidak bahagia. Setidaknya perempuan zaman dulu juga punya boneka untuk dimainkan.

Boneka mainan era Romawi terbuat dari kayu dan ditemukan di dalam peti gadis bernama Crepereia Tryphaena. Tak hanya boneka polosan saja tetapi ditemukan pula satu set baju untuk boneka kayu tersebut.

3. Kedudukan tinggi wanita di Mesir

Di Mesir seorang wanita bisa memiliki kedudukan yang cukup tinggi atau God’s Wife of Amun. Istilah tersebut merupakan gelar kehormatan bagi wanita yang mendampingi pendeta tinggi dalam upacara keagamaan.

Di negara tersebut seorang wanita memang tidak hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga saja. Banyak wanita disana yang memilih menjadi musisi, penari, dan lain sebagainya.

4. Pendidikan bagi wanita

Wanita di era Romawi memang diajarkan pendidikan dasar seperti membaca dan menulis. Namun ada juga keluarga yang ingin anaknya memiliki pendidikan yang lebih luas. Sehingga mereka rela mendatangkan guru private untuk mengajari anaknya berbagai ilmu pengetahuan seperti tata bahasa dan filsafat.

Mereka berpendapat bahwa seorang wanita yang memiliki pendidikan tinggi akan menjadi pendamping yang menarik bagi suaminya nanti.

5. Boleh memilih suami

Jika di zaman sekarang kaum pria yang cenderung memilih istri, maka di India zaman dulu justru wanitalah yang lebih cenderung memilih suami. Pada saat itu wanita bebas memilih suami yang mereka inginkan. Bahkan mereka bebas menentukan kapan akan menikah.

Apa Pendapatmu ?

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment