10 Negara dengan Harga Tiket Pesawat Paling Mahal di Dunia

Perjalanan udara dengan pesawat bukanlah hal mewah lagi. Namun, harga tiket pesawat di beberapa negara tetap bisa sangat mahal. Ini terlihat dari Flight Price Index 2017 yang dirilis situs travel Kiwi.com, dengan mengukur harga di 80 negara berdasar harga BBM, kompetisi antar maskapai, cuaca, dan situasi politik. Indonesia ada di posisi keenam termurah dengan Rp 86.344 per 100 km. Makanya, tiket penerbangan Jakarta-Bali berjarak 900-an km seharga Rp 800-an ribu. Nah, berikut ini 10 negara dengan harga tiket pesawat paling mahal di dunia.


10Oman

Salah satu negara kecil di Timur Tengah tepat di tepi laut Arab ini memiliki maskapai nasional bernama Oman Air yang bermarkas di Bandara Internasional Muscat. Armadanya tak terlalu banyak, hanya 47 pesawat. Namun, harga tiket pesawat di Oman bisa mencapai Rp 446.194 per 100 km. Jika dibanding dengan harga tiket di Indonesia, maka mencapai lima kali lipat.


9Lebanon

Maskapai Middle East Airlines melayani penerbangan di Lebanon, salah satu negara Timur Tengah di pinggir Laut Mediterania. Maskapai ini bermarkas di Beirut, dengan armada 20 pesawat. Bicara soal harga tiket di negara ini, senilai Rp 491.146 per 100 km. Dengan harga tiket sebesar itu, maka bisa terbang dari Jakarta ke Bengkulu dengan jarak sekitar 555 km.


8Austria

Harga tiket pesawat di negara seluas 83.879 km persegi dan berpenduduk sekitar 8,8 juta jiwa di Eropa Tengah ini berkisar Rp 492.995 per 100 km, sedikit lebih mahal dibandingkan di Lebanon. Austrian Airlines merupakan maskapai nasional yang melayani penerbangan di negara tersebut, dengan kantor pusatnya di Bandara Internasional Wina sejak 1958 silam.


7Serbia

Negara yang pernah terlibat konflik perang saudara pada era 1990-an ini punya Jat Airways sebagai maskapai nasional, sejak 1927 ketika masih bernama Yugoslavia. Sekarang, setelah berganti nama jadi Serbia, markas maskapai ini berada di Beograd, ibukota negara tersebut. Harga tiket di Serbia sendiri rata-rata mencapai Rp 547.403 untuk perjalanan per 100 km.


6Kepulauan Solomon

Inilah salah satu negara di luar Eropa dan Asia dengan harga tiket pesawat paling mahal di dunia, mencapai Rp 573.875 per 100 km. Dengan jumlah uang sebanyak itu di Indonesia, maka bisa terbang dari Jakarta ke Surabaya yang berjarak sekitar 670 km. Padahal Kepulauan Solomon hanya negara kecil di Samudera Pasifik dengan maskapai nasional Solomon Airlines.


5Uni Emirat Arab

Sebagai pemilik beberapa maskapai penerbangan terbaik di dunia, yakni Etihad Airways dan Emirates, maka wajar saja jika harga tiket pesawat di Uni Emirat Arab cukup tinggi. Harganya sekitar Rp 590.884 per 100 km, atau hampir mencapai tujuh kali lipat harga tiket pesawat rata-rata di Indonesia. Meskipun begitu, layanan yang mereka berikan pun kelas premium.


4Chile

Sebagai wakil dari benua Amerika, harga tiket di Chile berada pada posisi keempat termahal di dunia dengan nilai sekitar Rp 712.059 per 100 km, jauh lebih tinggi dibanding Uni Emirat Arab. Meski begitu, maskapai nasional mereka, LAN Airlines merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Amerika Latin yang melayani penerbangan hingga ke benua Eropa.


3Qatar

Dengan maskapai nasional Qatar Airways yang pernah empat kali terpilih sebagai ‘World’s Best Airlines’ termasuk apda 2017, tentu saja negara ini mampu memberikan pelayanan yang terbaik dalam bisnis transportasi udara. Makanya, wajar juga jika harga tiket pesawat di negara Timur Tengah ini lebih mahal dibanding negara lain, sekitar Rp 717.513 per 100 km.


2Belanda

Sama seperti Uni Emirat Arab dan Qatar, Belanda juga memiliki maskapai nasional terkenal di dunia, yakni KLM Royal Dutch Airlines. Dengan 116 armada, maskapai ini sudah terbang ke 133 destinasi di 70 negara di seluruh dunia, selain 12 destinasi dalam negeri. Pelayanannya juga kelas atas, sehingga harga tiket pesawat di negeri ini mencapai Rp 725.195 per 100 km.


1Belgia

Belgia menjadi negara dengan harga tiket pesawat paling mahal di dunia, mencapai rata-rata Rp 726.808 per 100 km. Dengan nilai tersebut, maka bisa terbang dari Jakarta ke Batam di Kepulauan Riau yang berjarak sekitar 850 km. Negara Eropa Barat ini sendiri punya maskapai nasional bernama Brussels Airlines dengan armada 50 pesawat yang terbang ke 96 destinasi.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment