10 Film Keren Ini Wajib Ditonton Penggemar Sepak Bola

Tak bisa dipungkiri bahwa sepak bola merupakan olahraga yang memiliki penggemar paling banyak di dunia. Bahkan, juga di Indonesia, sepak bola sudah sangat merakyat dan hidup di setiap lapisan masyarakat. Makanya, tak heran jika banyak pula produser yang menciptakan film berlatar sepak bola. Seperti 10 film keren ini yang wajib ditonton penggemar sepak bola.


10Montevideo: Taste of a Dream (2010)

Film dari Serbia karya sutradara Dragan Bjelogrlic ini berjudul asli ‘Montevideo, God Bless You’. Namun, secara internasional dikenal dengan ‘Montevideo: Taste of a Dream’ (2010), yang menceritakan tim sepak bola Yugoslavia pertama kali di Piala Dunia 1930 Uruguay. Film ini sempat menjadi box office di Serbia, hingga meraih banyak penghargaan internasional.


9Escape to Victory (1981)

Bercerita tentang sebuah laga eksebisi antara para tahanan perang dengan tim sepak bola Jerman di era Perang Dunia II, film berjudul ‘Escape to Victory’ (1981) ini juga diangkat dari kisah nyata. Film yang disutradarai John Huston dan didistribusikan Paramount Pictures ini dibintangi Sylvester Stallone, serta dua bintang sepak bola dunia, Bobby Moore dan Pele.


8Game of Their Lives (2005)

Juga berasal dari kisah nyata, film ‘Game of Their Lives’ (2005) ini mengisahkan tentang tim sepak bola Amerika Serikat yang berhasil mengalahkan tim sepak bola Inggris dalam Piala Dunia 1950 di Brasil, dan hingga saat ini tercatat sebagai salah satu kemenangan bersejarah mereka. Film ini juga sempat dirilis dalam format DVD dengan judul ‘The Miracle Match’.


7The Damned United (2009)

Bergenre drama biografi, film ini menceritakan pelatih kenamaan Inggris, Brian Clough saat menjalani 44 hari kelam dalam karirnya di klub sepak bola Leeds United pada 1974. Selain itu, dikisahkan pula perseteruannya dengan eks manajer tim sepak bola Inggris, Don Revie. Film ‘The Damned United’ (2009) ini dirilis hampir lima tahun setelah meninggalnya Clough.


6The Football Factory (2004)

Dengan gaya dokumenter, film ‘The Football Factory’ (2004) ini membahas ‘hooliganisme’ dalam dunia sepak bola, dengan menyoroti tindak kekerasan antar penggemar sepak bola yang sering terjadi setelah pertandingan. Cerita dalam film karya sutradara Nick Love ini ditulis berdasarkan novel laris John King berjudul sama. Sayang, film ini gagal menuai sukses.


5Green Street (2005)

Sama seperti film sebelumnya, film ‘Green Street’ (2005); atau dikenal pula dengan judul ‘Green Street Hooligans’ ini juga menyorot tentang persoalan ‘hooliganisme’ dalam dunia sepak bola di Inggris. Film ini mengambil latar belakang penggemar klub West Ham United, dan mencoba menguak sisi gelap fanatisme para penggemar sepak bola di Britania Raya.


4Fever Pitch (1997)

Diangkat dari novel Nick Hornby berjudul ‘Fever Pitch: A Fan’s Life’ terbitan 1992, film ini menceritakan tentang seorang penggemar klub Inggris, Arsenal yang harus mengatur hidup agar bisa membagi cintanya terhadap klub, kekasih, dan profesi sebagai sebagai guru. Film berjudul ‘Fever Pitch’ (1997) ini mengambil latar kemenangan Arsenal di ajang Piala FA 1989.


3Bend It Like Beckham (2002)

Dibintangi aktris kenamaan Hollywood, Kiera Knigthley, film ‘Bend It Like Beckham’ (2002) menuai sukses box office dengan penjualan besar. Ceritanya sendiri tentang perjuangan dua gadis Inggris yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional, salah seorangnya keturunan India. Sejumlah bintang sepak bola pun ikut tampil dalam film ini, termasuk David Beckham.


2Shaolin Soccer (2001)

Meski agak berbeda, namun film bergenre komedi karya China ini tetap menarik ditonton penggemar sepak bola. Menceritakan perjalanan tim sepak bola dengan kemampuan bela diri Shaolin dalam sebuah turnamen, film ‘Shaolin Soccer’ (2001) ini disutradarai sekaligus dibintangi aktor kenamaan Stephen Chow. Film ini cukup dikenal dan laris di wilayah Asia.


1Goal Trilogy (2005, 2007, 2009)

Inilah film yang sangat kompleks menceritakan perjalanan hidup seorang pemain sepak bola, meski hanyalah sebuah fiksi. Film ‘Goal’ yang hadir hingga trilogi ini mengisahkan perjuangan pemain sepak bola asal Meksiko, Santiago Munez, sampai menembus klub sepak bola Eropa, termasuk Real Madrid, dan setim dengan Beckham serta Zinedine Zidane dan Raul Gonzalez.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Dipersembahkan oleh : Warbiyasak.com

Yuk SHARE ke teman-temanmu …..

Klik tombol SHARE di bawah ya…

Add Comment